Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menerima kunjungan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kamaruddin Amin dan pengurus BWI di kediaman resmi Wapres di Jakarta, Senin, membahas soal program wakaf uang.

"Ada beberapa arahan yang penting yang disampaikan oleh Bapak Wapres terhadap pengurus yang baru ini. Intinya, bagaimana agar BWI langkah atau program, terobosan itu sangat penting, terutama yang terkait dengan wakaf uang," kata Staf Khusus (Stafsus) Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya usai pertemuan tersebut.

Wapres, kata Masduki, mengharapkan BWI nantinya mempunyai langkah penting terkait dengan wakaf uang tersebut. Salah satu hambatan yang dihadapi, yakni soal pemahaman atau literasi.

"Intinya bagaimana agar BWI punya langkah atau program, terobosan karena wakaf uang, potensinya besar dan belum tergali banyak. Salah satu hambatan mengenai pemahaman atau literasi," ucap Masduki.

Baca juga: BKM dan Badan Wakaf Indonesia teken MoU gerakan wakaf uang

Baca juga: Bank Aceh Syariah jalin kerja sama penerima wakaf uang Baitul Asyi


Sementara itu, Kamaruddin mengatakan dalam pertemuan itu, Wapres juga banyak memberikan arahan perihal wakaf uang. Ia mengungkapkan bahwa wakaf uang menjadi salah satu program prioritas BWI.

"Kebetulan sekali kami sudah merumuskan langkah-langkah teknisnya, rencana untuk Gerakan Indonesia Berwakaf yang Insya Allah akan melibatkan seluruh entitas di negeri ini mulai dari calon pengantin, jamaah haji, para pengusaha, bahkan para politisi, masjid-masjid, dai-dai, santri-santri, dan entitas-entitas yang lain," kata Kamaruddin.

Ia meyakini gerakan itu nantinya dapat menjadi salah satu penggerak perekonomian di tanah air, terutama untuk mengentaskan kemiskinan.

"Insya Allah, kalau ini menjadi gerakan nasional, menjadi gerakan bersama kita berharap akan menjadi salah satu instrument powerfull untuk menggerakkan perekonomian di Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan dan mudah-mudahan mendapat dukungan secara luas dari masyarakat," tuturnya.*

Baca juga: Pemerintah buka penawaran SWR004 untuk wakif individu dan institusi

Baca juga: Wamenkeu sebut wakaf uang mudah dan aman bisa dilakukan dengan CWLS

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024