Jakarta (ANTARA) - Minyak kedelai sering kali menjadi pilihan yang diminati ketika memilih minyak goreng yang lebih sehat. Namun seperti halnya dengan semua bahan makanan, minyak kedelai juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan.

Dilansir dari Healthline, minyak kedelai memang memiliki banyak kegunaan dan manfaat namun di sisi lain minyak ini juga dapat menyebabkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari minyak kedelai untuk menjadi bahan pertimbangan Anda:

Kelebihan minyak kedelai

1. Titik asap yang tinggi

Minyak kedelai memiliki titik asap yang relatif tinggi, yaitu sekitar 450°F (230°C). Oleh karena hal tersebut minyak ini dapat digunakan dalam berbagai masakan karena titik asapnya yang tinggi sehingga minyak ini sangat bagus untuk menggoreng dan menumis.

2. Kaya akan lemak sehat untuk jantung

Minyak kedelai sebagian besar terdiri dari asam lemak tak jenuh ganda, yang merupakan jenis lemak yang menyehatkan jantung dan memiliki beberapa manfaat. Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa lemak tak jenuh ganda dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan tulang

Minyak kedelai kaya akan vitamin K, 1 sendok makan (15 mL) minyak kedelai mengandung 25 mcg vitamin K, yang memenuhi sekitar 20% dari Nilai Harian (DV) yang direkomendasikan dalam satu porsi. Memenuhi kebutuhan vitamin K harian dapat membantu menjaga kekuatan tulang.

4. Mengandung omega-3

Minyak kedelai mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah yang baik, kandungan ini memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan jantung, perkembangan janin, fungsi otak, dan kekebalan tubuh.

5. Menjaga kesehatan kulit

Minyak kedelai kaya akan vitamin E yaitu nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Mengoleskan nya secara langsung pada kulit dapat melindungi kulit dari peradangan dan membantu kulit mempertahankan kelembapan.

6. Serbaguna dan mudah digunakan

Rasa dari minyak kedelai yang netral dapat digunakan sebagai pengganti minyak goreng lainnya di hampir semua resep. Minyak ini juga dapat digunakan pada rambut dan kulit atau dikombinasikan dengan minyak esensial.

Baca juga: Panduan praktis membuat minyak biji bunga matahari sendiri

Baca juga: Kandungan gizi dan bahan utama dari minyak kelapa


Kekurangan minyak kedelai

Meskipun memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi minyak kedelai terlalu banyak dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan sebagai berikut:

1. Minyak kedelai mengandung lemak omega-6 yang tinggi.

Minyak kedelai mengandung asam lemak omega-6 dalam jumlah tinggi. Jika Anda mengonsumsi asam lemak omega-6 secara berlebihan apalagi jika tidak diimbangi dengan asupan omega-3 yang cukup, hal itu dapat menyebabkan ketidakseimbangan asam lemak dalam tubuh dan meningkatkan risiko inflamasi.

2. Potensi kontaminasi bahan kimia

Dalam proses pengolahan minyak kedelai dapat melibatkan penggunaan bahan kimia, yang dapat mempengaruhi kualitas akhir minyak. Beberapa minyak kedelai mungkin mengandung bahan tambahan atau pengawet yang dapat mengurangi manfaat kesehatan alami dari minyak ini.

3. Potensi alergi

Minyak kedelai bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki alergi terhadap kedelai. Meskipun minyak kedelai yang telah diproses biasanya memiliki kadar protein kedelai yang sangat rendah, tetap dapat memberikan risiko bagi mereka yang sangat sensitif.

Baca juga: Manfaat minyak kedelai untuk kesehatan

Baca juga: Mengenal minyak sawit beserta kandungannya

Baca juga: Perbedaan minyak sawit dan minyak kelapa

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024