Jakarta (ANTARA) - Saat ini, banyak orang beralih ke pilihan minyak goreng yang lebih sehat, seperti minyak canola, minyak zaitun, dan minyak kedelai. 

Di antara pilihan tersebut, minyak kedelai semakin banyak diminati. Ekstrak dari biji kedelai ini dikenal sebagai minyak nabati yang memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi minyak kedelai:

1. Menjaga kadar kolesterol

Minyak kedelai dapat secara signifikan mengurangi risiko aterosklerosis dan masalah kardiovaskular lainnya, seperti serangan jantung dan stroke. 

Keseimbangan asam lemak yang baik dalam minyak kedelai membantu mengatur kadar kolesterol. Asam lemak omega-3 dapat menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan menetralkan jenis kolesterol yang tidak diinginkan.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di minyak kedelai bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga kesehatan kulit

Minyak kedelai mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang kuat dan bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan, membantu mengurangi bekas jerawat, dan merangsang pembaharuan sel kulit.

4. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin K dan fitoestrogen dalam minyak kedelai penting untuk mengatur metabolisme tulang dan mensintesis protein, seperti osteocalcin, yang membantu pemeliharaan massa tulang terutama bermanfaat bagi wanita pascamenopause.

5. Mencegah kerontokan rambut

Vitamin E dan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak kedelai membantu memperbaiki kesehatan rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

6. Antioksidan

Tingginya kandungan vitamin E pada minyak kedelai dapat melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Aktivitas antioksidan dalam tubuh juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan masalah, seperti kanker, penuaan dini, gangguan kognitif, dan penyakit jantung.

7. Mengurangi tanda-tanda penuaan dini

Asam lemak omega-3 dan omega-6 yang terkandung di dalam minyak kedelai dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan dengan meningkatkan produksi kolagen dan kelembutan kulit.

Banyak orang menggunakan minyak kedelai karena ia memiliki titik asap yang tinggi sehingga cocok untuk digunakan untuk memasak dalam suhu tinggi, misalnya menggoreng.

Dengan berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan, minyak kedelai bisa menjadi pilihan yang baik untuk melengkapi pola makan sehat Anda.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024