Moskow (ANTARA) - Pasukan otoritas Israel (IDF) pada Senin meminta penduduk Khan Yunis di Jalur Gaza untuk mengevakuasi diri di tengah operasi yang sedang direncanakan terhadap kelompok bersenjata Palestina. "IDF akan melakukan operasi secara paksa terhadap organisasi teroris dan oleh karena itu mengimbau penduduk yang tersisa di lingkungan timur Khan Yunis untuk sementara mengungsi ke Wilayah Kemanusiaan yang sudah disesuaikan di Al-Mawasi," kata IDF di Telegram.

Militer Israel menyatakan bahwa mereka berencana untuk mengubah batas area kemanusiaan "sesuai laporan presisi intelijen yang menunjukkan bahwa Hamas telah menanamkan infrastruktur teroris di daerah tersebut."
Baca juga: Netanyahu tunda pembahasan gencatan senjata Gaza dengan Hamas

Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan roket skala besar terhadap Israel dan melanggar perbatasan, menyerang lingkungan sipil dan pangkalan militer.

Hampir 1.200 orang di Israel tewas, dan sekitar 240 lainnya diculik selama serangan tersebut.

Israel kemudian melancarkan serangan balasan, memerintahkan blokade total di Gaza, dan memulai serangan darat ke wilayah Palestina dengan tujuan memusnahkan pejuang Hamas dan menyelamatkan sandera.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Sekjen PBB kutuk serangan Israel di 'zona kemanusiaan' Al Mawasi
​​​​​​​
Baca juga: Turki sebut Israel harus dihukum agar kekejaman di Gaza tidak ditiru
Baca juga: Serangan Israel menewaskan lebih dari 70 warga Palestina di Khan Yunis


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024