Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Cup Badminton Championship 2024 yang diikuti 1.000 lebih peserta dan diselenggarakan di GOR Universitas Negeri Jakarta (UNJ), serta GOR Pulogadung, Jakarta resmi dibuka oleh Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran.

Ketua Panitia Pelaksana Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono membeberkan, kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali digelar dan diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Bhayangkari, sekaligus mendukung pengembangan olahraga bulu tangkis di Indonesia.
 
"Turnamen ini merupakan kolaborasi antara Polri dengan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan diikuti oleh peserta dari internal kepolisian dan atlet pembinaan," kata Argo saat menyampaikan laporan dalam acara pembukaan kegiatan di GOR UNJ, Senin sore.
 
Dia membeberkan, kejuaraan itu berlangsung dari 22-27 Juli mendatang.
 
Kabaharkam Polri Komjen Pol Fadil Imran (ketiga kiri) dan Ketua Panitia Pelaksana Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono
(kedua kanan), dalam pembukaan Kapolri Cup Badminton Championship 2024 di GOR UNJ, Jakarta, Senin (22/7/2024).
ANTARA/Donny Aditra

 
 
Peserta terdiri dari 64 tim satuan kerja Polri dan 28 tim yang berasal dari Polda di Indonesia. Setiap tim terdiri dari enam pemain, sehingga ada 552 orang personel polisi yang akan bermain.
 
Selain itu, sebanyak 480 pemain binaan yang tergabung dalam kelompok umur (KU) 15, 17, dan 19, juga turut berpartisipasi.
 
Para pemain binaan itu, lanjut dia, merupakan atlet dengan ranking 1-32 nasional sesuai kelompok umur masing-masing.
 
Argo menambahkan, untuk peserta dari internal maupun KU, akan mengikuti lima nomor pertandingan, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.
 
"Sebenarnya jumlah bisa lebih banyak lagi yang mau ikut, karena antusias tinggi dari satuan kerja, tetapi untuk tahun ini belum bisa terfasilitasi," ujar pria yang juga Assiten Bidang Logistik (Aslog) Kapolri itu.
 
Argo mengungkapkan, para juara akan mendapatkan sertifikat dan medali turnamen.
 
Sementara, untuk mendukung pelayanan kesehatan para peserta, panitia juga telah menyiapkan tim medis dan ruang kesehatan.
 
Acara pembukaan berlangsung meriah, dengan parade dari masing-masing perwakilan tim dan pemain binaan.

 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024