Alhamdulillah pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Aceh berjalan lancar dan sukses
Banda Aceh (ANTARA) - Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Aceh menyebut seluruh kelompok terbang (kloter) jamaah haji Aceh pada musim haji 1445 Hijriah telah kembali ke Tanah Air, menyusul kedatangan sebanyak 387 orang haji Aceh dari kloter 12-BTJ atau kloter terakhir.

“Alhamdulillah pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Aceh berjalan lancar dan sukses. Tentu dalam perjalanannya tetap ada kekurangan,” kata Ketua PPIH Debarkasi Aceh Azhari di Banda Aceh, Senin.

Pesawat Garuda Indonesia yang membawa jamaah kloter 12-BTJ mendarat di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar pada Senin (22/7) sekitar pukul 08:05 WIB.

Kloter tersebut diisi oleh jamaah dari Kabupaten Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Subulussalam, Aceh Singkil, Banda Aceh, Simeulue, Aceh Besar, dan Pidie Jaya.

“BTJ-12 adalah kloter terakhir yang tiba di asrama haji Aceh dengan jumlah 387 jamaah dari Aceh, ditambah 1 jamaah tanazul dari Medan,” ujarnya.

Baca juga: PPIH: Tiga haji Aceh masih jalani perawatan medis di Arab Saudi
Baca juga: PPIH: Delapan kloter haji Aceh telah kembali ke Tanah Air, sisa empat


Pada tahun ini, dia menambahkan PPIH Embarkasi Aceh memberangkatkan sebanyak 4.710  calon haji asal Tanah Rencong itu. Selama proses menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, tercatat 15 orang asal Aceh meninggal dunia.

Saat ini, haji asal Aceh yang telah kembali ke Tanah Air sebanyak 4.693 orang berserta dengan petugas yang tergabung dalam 12 kloter.

“Hari ini masih ada dua orang haji asal Aceh yang masih dirawat di Arab Saudi, tepatnya satu orang di Makkah dan satu orang lagi di Madinah,” ujarnya.

Para jamaah yang sakit tersebut akan kembali ke Indonesia ketika sudah dinyatakan sehat dari rumah sakit setempat atau Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) di Arab Saudi.

Di sisi lain, Azhari berharap seluruh jamaah yang telah tiba di Tanah Air untuk menjaga kemabruan haji, sebagaimana yang telah dilaksanakan di Arab Saudi, maka diharapkan bisa diimplementasikan di daerah masing-masing.

“Diharapkan para haji dan hajjah ini menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, baik sikap, perilaku, perkataan dalam ibadahnya,” ujarnya.

Baca juga: PPIH: Jamaah haji Aceh meninggal di Arab Saudi menjadi 13 orang
Baca juga: 393 haji kloter 01-BTJ Debarkasi Aceh tiba di Tanah Air

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024