Program tersebut bukan untuk mendahului pusat, karena sudah ada beberapa sekolah di Solo yang melakukan program tersebut
Solo (ANTARA) - Kota Solo akan melakukan uji coba makan siang gratis mengadopsi program yang akan dikerjakan oleh Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kita ini kan sudah ada tradisi masing-masing. Ke depan ini diawali di tahun ajaran baru, di sekolah ada program makan di hari Jumat, anggap saja Jumat berkah," kata Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa di Solo, Jawa Tengah, Senin.

Ia mengatakan nantinya untuk uji coba makan gratis ini dengan anggaran Rp7.500/porsi.

"Mestinya lebih sederhana tetapi mutu dan kualitasnya tidak kalah. Kalau kemarin dari Rp12.000/porsi, hitungannya di APBN turun jadi Rp7.500/porsi. Kalau di Solo itu jalan," katanya.

Menurut dia, program tersebut bukan untuk mendahului pusat, karena sudah ada beberapa sekolah di Solo yang melakukan program tersebut.

"Di beberapa sekolah sudah ada, tetapi seminggu sekali," katanya.

Sementara itu, ia memastikan tidak ada pemaksaan dari pemerintah pada sekolah terkait program tersebut.

"Ini justru ide kreatif sekolah, jadi tidak ada pemaksaan. Ini kesempatan yang baik, tinggal nanti dinas menjadwalkan di beberapa sekolah dulu. Nanti kami meninjau pas makan bersama," katanya.

Ia mengatakan program tersebut tidak dilakukan setiap hari karena harus menyesuaikan anggaran yang ada.

"Memang tidak setiap hari, karena anggaran kan sudah berjalan. Jadi lepas dari perencanaan APBN, karena transisinya Oktober," katanya.

Baca juga: Menko Airlangga pastikan anggaran Makan Bergizi Gratis tidak dipotong
Baca juga: HNW: Tim Prabowo-Gibran jangan bingung dengan anggaran makan gratis 
Baca juga: Kemenko PMK beri masukan ke Prabowo soal makan bergizi gratis 

 

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024