Jakarta (ANTARA) - Timnas 3x3 U23 Putra dan Putri Indonesia siap memberikan penampilan terbaik mereka di ajang FIBA 3x3 U23 Nations League 2024 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 22 hingga 28 Juli 2024.

Manajer Timnas 3x3 Putra, Aulia Naafigo Setiawan, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin, menyampaikan bahwa para pemain telah tiba di Malaysia dengan selamat dan dalam kondisi siap tempur.

"Anak-anak alhamdulillah aman, tidak ada yang sakit maupun cedera. Kami ke Malaysia dengan kekuatan Albert Richard, Hendra Sutarto, Ryan Gunawan, dan Serigne Modou," katanya.

Timnas 3x3 Putri diperkuat oleh Aimee Tampu Francienne, Angelica Jennifer Candra, Lidwina Ruth Riratri Dwi Saputri, dan Sabrina Ayu Sandewang. Sementara itu, Timnas 3x3 Putra diperkuat oleh Serigne Modou Kane, Albert Richard, Ryan Anthony Gunawan, dan Hendra Suharto.

Baca juga: Perbasi bentuk Timnas 3x3 untuk FIBA 3x3 U23 Nations League

Dalam ajang ini, Indonesia tergabung di Zona Asia 1 bersama Singapura, Qatar, Selandia Baru, dan Arab Saudi.

Aulia optimistis bahwa timnya bisa memberikan hasil terbaik, mengingat progres yang ditunjukkan selama latihan. "Selama latihan demi latihan ada peningkatan dari segi individu maupun tim. Jadi kita cukup optimis di Nations League 3x3 ini, ya doakan saja yang terbaik untuk Indonesia," tambahnya.

Manajer Timnas 3x3 Putri, Andreas Candra Wibowo, juga menegaskan bahwa timnya dalam kondisi fit dan siap bersaing.

"Kami di Malaysia ingin menjajal kemampuan ketika melawan tim-tim yang memiliki tradisi kuat di 3x3 zona Asia 1, seperti Selandia Baru," ungkap Andreas.

Baca juga: Dirut IBL: Kami belum ada rencana buat liga bola basket 3X3

Andreas berharap ajang ini dapat menjadi sarana untuk menguji kemampuan timnas dalam menghadapi tim-tim kuat di Zona Asia 1. "Selain Selandia Baru dan Singapura yang memiliki tradisi baik di 3x3, juga ada Qatar dan Arab Saudi yang bisa memberikan kejutan," kata dia.

Dalam kejuaraan ini, timnas akan memainkan 6 stop alias 6 final. Andreas berharap timnas bisa menunjukkan permainan yang lebih baik di setiap pertandingan.

"Mohon doa dan restunya masyarakat Indonesia semoga kita bisa menunjukkan kemampuan terbaik sehingga mendapatkan hasil terbaik. Targetnya, kami ingin bisa lolos World Cup U23 September," ucapnya.

Baca juga: Basket putri 3x3 Indonesia cetak sejarah juara pertama kali AUG 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024