kebanggaan bagi kami, bisa mendistribusikan langsung ke masyarakat
Kota Ambon, Maluku (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini dijadwalkan melaksanakan bakti sosial ke Pulau Kei Besar, Maluku Tenggara menggunakan kapal perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Weda 526.

"Kami beserta kru diperintahkan membantu pelaksanaan kegiatan distribusi ke Pulau Kei Besar, di mana bantuan sosial akan diberikan oleh Kementerian Sosial kepada masyarakat, dilaksanakan dari tanggal 22 hingga 26 Juli 2024, dan diberikan langsung oleh Ibu Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini," kata Komandan KRI Teluk Weda 526, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (P) Ricky Tacoma di Kota Ambon, Maluku, Senin.

Ricky menjelaskan, Mensos Risma beserta jajaran dijadwalkan berlayar selama kurang lebih 30 jam dari Dermaga TNI Angkatan Laut Tawiri, Kota Ambon, Maluku, menuju Pelabuhan Elat, Pulau Kei Besar, Kepulauan Maluku, Maluku pada esok hari, Selasa (23/7).

"InsyaAllah kami akan tiba di hari Rabu (24/7), sehingga Ibu (Mensos) dapat memberikan distribusi kepada masyarakat di tanggal 24-25, dan akan kita distribusikan kepada masyarakat Pulau Kei Besar," ucapnya.

Baca juga: Kemensos bantu air dan 13 tandon di daerah kekeringan Aceh Besar
Baca juga: Bantu salurkan bansos, Kemensos beri penghargaan ke Danlanud Pattimura


Komandan KRI Teluk Weda 526 di jajaran Satuan Kapal Amfibi Koarmada III ini mengemukakan, proses memuat barang hingga saat ini sudah 75 persen.

"Sampai saat ini sudah hari ketiga. Jadi, siang ini sudah siang ketiga, kami sudah dua malam, prosesnya sudah 75 persen," ujar dia.
Proses memuat barang-barang bantuan dari Kemensos untuk diserahkan ke Pulau Kei Besar, Maluku, di KRI Teluk Weda 526 di Dermaga TNI Angkatan Laut Tawiri Kota Ambon, Maluku, Senin (22/7/2024). ANTARA/Lintang Budiyanti Prameswari


Ia juga menjelaskan, barang-barang bantuan berupa alat-alat pertanian, alat berkebun, dan perlengkapan-perlengkapan lain yang disiapkan oleh Kemensos jumlahnya cukup signifikan, sehingga membutuhkan waktu sekitar dua hari untuk memuat barang sampai keseluruhan dapat masuk ke dalam kapal.

"Untuk KRI Teluk Weda ini merupakan kapal angkut tank, yang mampu mengangkut 17 tank, masih ada barang-barang yang terakhir dan bantuan yang perlu dimuat, dan akan dimasukkan ke dalam dek tank, sehingga insyaAllah hari ini bisa selesai seluruhnya untuk masuk ke dalam," paparnya.

Baca juga: Mensos Risma prioritaskan bantuan terintegrasi untuk penanganan kusta
Baca juga: Kemensos beli rumah untuk janda tiga anak yang hidup di tebing Polewali Mandar


Ricky mengemukakan, pihaknya merasa bangga karena untuk pertama kalinya, KRI Teluk Weda 526 dipilih untuk mendistribusikan langsung bantuan dari Kemensos kepada masyarakat di Pulau Kei Besar.

"Ini suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami, bisa mendistribusikan langsung ke masyarakat, karena kami bisa bersosialisasi dan membuktikan bahwa Pemerintah hadir di dalam kesejahteraan masyarakat, itu pesan yang diberikan oleh Kemensos dan kami sebagai TNI, ingin membuktikan juga bahwa TNI hadir untuk masyarakat," tuturnya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, beberapa bantuan dari Kemensos yang sudah dimuat ke KRI Teluk Weda 526 diantaranya peralatan untuk berkebun, penampung atau tandon air, kasur, karpet, alat bantu berupa kursi roda, dan beberapa peralatan lainnya.

"Jadi barang-barang ini kami simpan di dek tank agar bisa menjaga kualitasnya, karena ada beberapa tanaman atau bahan hidup yang harus berada di bawah. Namun, di bagian atas ini, mungkin akan kami tempatkan semacam perahu yang akan diberikan kepada masyarakat pesisir," kata Ricky.

Baca juga: Bantuan instalasi air Kemensos bikin warga Lermatang tak susah menimba
Baca juga: Tagana salurkan bantuan Kemensos kepada korban banjir Parimo
Baca juga: Mensos serahkan bantuan pemberdayaan masyarakat di Kepulauan Tanimbar

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024