Sebanyak 147 peserta antusias berpartisipasi dalam program pelatihan kelas 2 yang diberikan Pertamina selama dua hari pada 17-18 Juli 2024 di Jakarta.
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) menggelar Pertamina UMK Academy 2024 Kelas 2 sebagai upaya perusahaan turut mendukung dan mendorong pertumbuhan usaha mikro dan kecil (UMK) yang berkelanjutan.

Area Manager Comm, Rel, & CSR Pertamina Patra Niaga JBB Eko Kristiawan dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan pelatihan tersebut merupakan kelas lanjutan bagi para pelaku UMK yang telah terpilih melalui seleksi regional dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Banten, dan Karawang.

Sebanyak 147 peserta antusias berpartisipasi dalam program pelatihan kelas 2 yang diberikan Pertamina selama dua hari pada 17-18 Juli 2024 di Jakarta.

"Sejalan dengan SDGs poin 8, Pertamina Patra Niaga Regional JBB berkomitmen meningkatkan kualitas usaha melalui Pertamina UMK Academy 2024 dan tujuan ini terimplementasikan melalui semangat para peserta dalam menyerap seluruh ilmu yang didapatkan melalui pelatihan," sebut Eko.

Baca juga: Pertamina UMK Academy memfasilitasi pelaku usaha Kalteng naik kelas

Pertamina UMK Academy 2024 mengusung tema "Beri Energi Baru Menuju UMK Maju" yang terdiri atas empat kelas yakni Go Modern, Go Online, Go Digital, dan Go Global.

Menurut Eko, tak hanya memberikan energi kepada masyarakat, Pertamina Patra Niaga JBB juga terus berkomitmen mendukung pengembangan UMK, yang sejalan dengan SDGs poin 8 yaitu menyediakan pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut, lanjutnya, Pertamina memberikan pembinaan lebih lanjut mengenai pentingnya perencanaan bisnis yang baik, pola pikir perencanaan yang matang untuk mencapai kesuksesan jangka panjang, cara jitu untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat relasi usaha demi meningkatkan kolaborasi, serta mendorong pertumbuhan usaha yang berkelanjutan bagi para peserta.

Selain melakukan pemaparan materi, para pelaku usaha juga didukung untuk selalu aktif dan berkolaborasi saat sesi brainstorming dengan peserta lain, sehingga terjalin network satu sama lain.

Zul Fahmi, salah satu peserta dengan usaha kuliner "Kedai Bang Zul", mengakui pelatihan Pertamina UMK Academy 2024 bermanfaat sebagai dasar yang kuat dalam membangun usaha dan menjawab berbagai persoalan bisnis yang dihadapinya.

"Setelah saya menerima materi untuk membuat produk yang berkualitas, cara mengelola complain dari customer terutama proses perencanaan penjualan, standar operasi prosedur (SOP), image serta promosi produk, semua materi ini sangat terpakai dan berkontribusi dalam usaha yang sedang saya kembangkan sekarang," ucapnya.

Baca juga: Pertamina tingkatkan kapasitas dan daya saing UMKM binaan

Eko menambahkan Pertamina JBB telah melakukan seleksi ketat berdasarkan komitmen, produk, prospek bisnis, serta kontribusi terhadap masyarakat dan lingkungan.

Menurut dia, peserta yang lolos seleksi regional akan mengikuti pembinaan dan pelatihan serta berkesempatan mengikuti pameran di level regional dan nasional.

Sementara itu peserta yang menunjukkan komitmen tinggi akan mendapatkan hibah alat teknologi dari Pertamina.

"Maka dari itu, Pertamina berkomitmen mendukung UMK untuk naik kelas dan mendorong perekonomian nasional, yang sejalan dengan target net zero emission pada 2060 dan penerapan environmental, social, and governance (ESG) di seluruh lini bisnis Indonesia," sebut Eko.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024