Jakarta (ANTARA) - Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak nabati yang dihasilkan dari daging buah kelapa yang sudah matang. Minyak nabati dari kelapa umumnya digunakan untuk memasak, menggoreng, atau sebagai campuran untuk makanan olahan.

Kendati demikian, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan karena memiliki kadar lemak yang lebih rendah daripada minyak goreng sawit. Meskipun dalam jumlah yang kecil, minyak kelapa diketahui mengandung vitamin E.

Berikut tujuh manfaat minyak kelapa dilansir dari berbagai sumber:

1. Mencerahkan permukaan kulit wajah

Minyak kelapa dapat mencerahkan kulit wajah, mengurangi bintik hitam, dan meratakan warna kulit. Namun, manfaat itu bisa lebih optimal jika dikombinasikan dengan bahan lain yang juga mencerahkan, seperti lemon. Lemon yang kaya akan vitamin C efektif dalam mencerahkan kulit dan mengurangi bintik hitam di wajah.

2. Menyehatkan kulit kepala dan rambut

Jika Anda memiliki kulit kepala yang cenderung kering, maka gunakanlah minyak kelapa karena bisa melembapkan dan memberikan nutrisi pada kulit kepala. Selain kulit kepala, minyak kelapa juga bermanfaat untuk rambut untuk meningkatkan kilau, mengurangi ketombe, mengurangi kerusakan, dan melembabkan.

3. Memudarkan kerutan pada kulit wajah
 

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dapat merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah protein yang secara alami diproduksi oleh tubuh dan berfungsi menjaga elastisitas kulit.

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen cenderung menurun. Oleh karena itu, penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung kolagen, seperti minyak kelapa, dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan di wajah.

4. Menghilangkan jerawat

Mengoleskan minyak kelapa ke wajah dapat membantu mengatasi jerawat. Kandungan asam laurat pada minyak kelapa dinilai efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung asam kaprat yang bersifat anti-inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat meredakan jerawat dan menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

5. Membantu menurunkan berat badan

Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai sedang MCFA (medium chain fatty acids) yang dapat meningkatkan metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak di tubuh, kemudian mengubahnya menjadi energi. 

6. Melancarkan pencernaan
 

Kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa dapat menyehatkan dan memperlancar pencernaan karena mampu menciptakan keseimbangan bakteri baik di dalam usus.

7. Menjaga kesehatan mulut dan menghilangkan bau mulut

Berkumur dengan cairan yang mengandung minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah bau mulut karena minyak itu bisa membunuh bakteri sekaligus melindungi gigi berlubang.

Baca juga: Kandungan gizi dan bahan utama dari minyak kelapa

Baca juga: Apa saja kandungan nutrisi minyak biji bunga matahari?

Baca juga: Ekspor minyak nabati ke Belanda - RRT turun


Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024