Jakarta (ANTARA) - Tahukah Anda? Minyak biji bunga matahari merupakan salah satu alternatif minyak yang lebih sehat dibandingkan dengan kelapa sawit.

Minyak biji bunga matahari merupakan minyak nabati yang kaya akan nutrisi. Minyak ini dikenal mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda sebagai komponen utamanya.

Selain cocok untuk memasak dan mengolah makanan, minyak ini tidak dapat mempengaruhi peningkatan kadar kolesterol.

Asam lemak dalam minyak ini terkenal bermanfaat bagi kesehatan jantung, karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Sesuai dengan namanya, minyak biji bunga matahari diperoleh dari ekstraksi biji bunga matahari (Helianthus annuus), yang juga dikenal sebagai makanan dari jenis biji-bijian yaitu kuaci.

Dikenal sebagai minyak nabati dengan berbagai manfaat kesehatan, minyak biji bunga matahari mengandung beragam nutrisi penting yang berperan besar dalam menjaga kesehatan tubuh.

Menurut berbagai sumber resmi, berikut ini beberapa nutrisi utama yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari:

1. Asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda

Minyak biji bunga matahari kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fats) dan ganda (polyunsaturated fats).

Kedua jenis lemak ini penting untuk kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

2. Memiliki kandungan vitamin E dan K

Salah satu kelebihan utama minyak ini ialah kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan, melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mendukung kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, minyak ini juga mengandung vitamin K, yang penting untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang. Vitamin K membantu dalam proses pembentukan protein yang dibutuhkan untuk pembekuan darah.

3. Memiliki kandungan fitosterol

Fitosterol, senyawa alami yang ditemukan pada tanaman dan memiliki struktur mirip kolesterol, dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam saluran pencernaan. Hal ini berpotensi menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Asam Linoleat (Omega 6)

Minyak biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya akan asam linoleat, jenis omega 6 yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Omega 6 juga mendukung fungsi otak serta menjaga kesehatan kulit dan rambut.

5. Mengandung mineral

Meskipun dalam jumlah yang relatif kecil, minyak biji bunga matahari mengandung beberapa mineral seperti seng, besi, dan selenium, yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh.

Untuk memaksimalkan manfaat minyak biji bunga matahari, penting untuk Anda untuk dapat menggunakannya dengan benar. Jika tidak, kandungan nutrisinya bisa menurun.

Sebagai contoh, saat Anda menggunakan minyak ini untuk memasak, pastikan takaran suhu panas tidak melebihi 180°C.

Gunakan minyak biji bunga matahari untuk menumis dan memanggang, dan sebisa mungkin hindari teknik deep frying. Memanaskan minyak ini di atas suhu 180°C dapat menyebabkan pelepasan aldehida dalam jumlah yang tinggi.

Jika Anda berniat menggunakan minyak biji bunga matahari untuk perawatan kulit, perhatikan reaksi yang mungkin timbul. Jika Anda mengalami gatal atau kemerahan pada kulit, segera hentikan penggunaan dan bilas area tersebut dengan air.

Bagi Anda yang memiliki kondisi medis khusus, seperti penyakit jantung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan minyak biji bunga matahari ke dalam porsi makanan sehari-hari.

Kendati demikian, dengan kandungan nutrisinya yang melimpah, minyak biji bunga matahari pantas dimasukkan ke dalam pola makan sehat.

Mengganti minyak goreng biasa, dengan menggunakan minyak biji bunga matahari bisa menjadi langkah kecil namun berdampak besar dalam menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Baca juga: Minyak jagung tingkatkan risiko diabetes

Baca juga: Manfaat minyak bunga matahari untuk kecantikan

Baca juga: Perkebunan bunga minyak rapa dorong pembangunan perdesaan di China

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024