Denpasar, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- The Grand Outlet Bali (GOB), sebuah kawasan retail di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kura Kura Bali, secara resmi segera dibangun pada lahan seluas 4,7 hektar. Proyek yang dikemas dengan infrastruktur modern dan berkelanjutan ini akan mulai beroperasi pada awal tahun 2026 dan diperkirakan membuka 1.200 lapangan kerja.

Pengembangan konstruksi dari PT Sumber Nusantara Construction, PT Pratama Widya TbK, dan PT China State Construction Overseas Development Shanghai (Indonesia) dalam pembangunan proyek ini merupakan tonggak penting bagi pengembangan KEK Kura Kura Bali. 

Bangunan dengan 3+1 lantai tersebut mengedepankan praktik ramah lingkungan dan desain bernuansa arsitektur Bali. Pusat perbelanjaan ini terinspirasi dari konsep "Desa Bhineka", yang bernuansa pedesaan dengan komunitas beragam. GOB dirancang untuk menjadi pusat perbelanjaan outlet berskala internasional. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai barang mewah internasional seperti fashion, olahraga, perlengkapan anak, aksesoris, dan kecantikan dengan harga terjangkau.

GOB menawarkan panorama yang memukau dengan nuansa tradisional serta didukung oleh aktivitas menarik lainnya. Selain itu, pengunjung dapat menikmati berbagai pusat kuliner dan bar dengan pemandangan laut lepas. Area rooftop adalah salah satu daya tarik utama di mana pengunjung bisa menikmati matahari terbenam yang menakjubkan.

Keberhasilan proyek ini tidak terlepas dari kolaborasi multipihak yang sejalan dengan prinsip Tri Hita Karana yang menekankan keselarasan antara manusia, alam dan spiritualitas. Melalui pembangunan berkelanjutan, kerja sama strategis ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Bali dan memperkuat posisinya sebagai destinasi utama pariwisata global.

Proyek ini diharapkan dapat meningkatkan bisnis lokal dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Bali yang diproyeksikan mencapai 7,7% pada tahun 2045. Melalui pemberdayaan pekerja lokal, termasuk di KEK Kura Kura Bali, Serangan, proyek ini akan membuka lapangan kerja dan mendukung pengembangan masyarakat. Di sisi lain, The Grand Outlet Bali berkomitmen untuk menerapkan praktik berkelanjutan dan solusi inovatif sesuai dengan standar lingkungan global.

Menyoroti  adanya peluang positif dari pembangunan ini, Tuti Hadiputranto, Direktur Utama PT Bali Turtle Island Development (BTID), menyatakan, "Kami sangat senang telah mencapai langkah penting dalam proyek The Grand Outlet Bali. Pembangunan ini menunjukkan komitmen kami untuk menyediakan fasilitas berbelanja kelas atas yang tidak hanya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berperan penting dalam memperkuat ekonomi Bali."

Junichiro Kinoshita dari Mitsubishi Estate Indonesia selaku Direktur The Grand Outlet Bali, menekankan pentingnya proyek ini secara luas. "Pembangunan ini adalah bukti dari komitmen kami untuk menciptakan destinasi belanja yang luar biasa, dan terintegrasi secara harmonis dengan budaya dan lingkungan lokal," ungkapnya.

"Kami sangat antusias dengan peluang dari pembangunan ini, terutama dalam memberikan lapangan kerja dan mendukung kehidupan ekonomi komunitas lokal. Tujuan kami adalah menetapkan standar baru dalam pembangunan ritel sebagai wujud dedikasi kami terhadap kualitas dan keberlanjutan," tambahnya.

Sebelumnya, Mitsubishi Estate Indonesia telah sukses membuka Karawang Outlet Mall (KOM) di Jawa Barat, di mana pengunjung dapat memiliki pengalaman berbelanja barang mewah yang berkesan. Menyusul kesuksesan tersebut, Bali diharapkan turut menjadi destinasi pusat perbelanjaan outlet berkelas melalui The Grand Outlet Bali

KEK Kura Kura Bali siap menjadi pilihan destinasi bisnis dan wisata internasional, dengan menawarkan fasilitas terkini yang memadukan budaya tradisional dan modern. The Grand Outlet Bali merupakan salah satu perwujudan dari visi tersebut dan diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi investor dan pengunjung internasional.

Tentang The Grand Outlet Bali (GOB):
The Grand Outlet Bali (GOB) adalah perusahaan pengembang ritel terkemuka yang berdedikasi untuk menciptakan destinasi belanja yang luar biasa di Bali. GOB merupakan joint venture antara Mitsubishi Estate Group dan Grand Outlet Bali Investama (GOBI), anak perusahaan dari PT Bali Turtle Island Development (BTID). Joint venture ini mencerminkan komitmen bersama terhadap keberlanjutan, inovasi, dan pengembangan retail yang unggul.

Tentang Kura Kura Bali:
Kura Kura Bali merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia pada bulan April 2023 dan dikelola oleh PT Bali Turtle Island Development (BTID). Dengan luas 498 hektar, KEK Kura Kura Bali memiliki tujuan untuk meningkatkan industri pariwisata Bali dengan memberikan sebuah pengalaman unik yang didasarkan pada keseimbangan antara manusia, alam, dan spiritualitas. KEK Kura Kura Bali menawarkan peluang bagi pariwisata, industri kreatif, dan sektor lainnya.

Kontak media:
Tiza Soekasah
Internal & External Communications Manager
PT Bali Turtle Island Development (Kura Kura Bali)
0818-122-009

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024