Jakarta (ANTARA) - Film drama aksi buatan Korea “Escape” yang telah dirilis hampir sepanjang bulan ini, memimpin box office Korea Selatan pada akhir pekan lalu.

Dilaporkan Variety pada Minggu (21/7) waktu setempat, film yang dibintangi oleh Lee Je-hoon dan Koo Kyo-hwan sebagai pemeran utama ini menceritakan kisah seorang tentara Korea Utara yang bermimpi untuk membelot dan perwira Korea Selatan yang mengejarnya.

Film ini disutradarai oleh Lee Jong-pil, yang sebelumnya membuat kejutan pada tahun 2020 dengan hit “Samjin Company English Class”.

Baca juga: "Escape from Mogadishu" menangkan film terbaik di Blue Dragon Awards

“Escape” menghasilkan 2,61 juta dolar AS antara Jumat dan Minggu, menurut data dari Kobis, layanan pelacakan yang dioperasikan oleh Dewan Film Korea (Kofic).

Angka tersebut mewakili kenaikan yang tidak biasa sebesar 7 persen dari minggu ke minggu untuk film tersebut, menunjukkan sentimen dari mulut ke mulut yang kuat.

Setelah 19 hari dirilis, “Escape” telah mengumpulkan 13 juta dolar AS yang diperoleh dari 1,9 juta penonton.

Baca juga: "Escape from Mogadishu" cetak sejarah "box office" Korea

“Inside Out 2,” yang menduduki puncak daftar film selama lima minggu sebelumnya, merosot ke posisi kedua.

Film ini menghasilkan 1,98 juta dolar AS pada akhir pekan, menambah total kumulatifnya menjadi 55,8 juta dolar AS dan semakin memperkuat posisinya sebagai film impor teratas tahun ini di Korea.

Sementara itu, rilisan baru teratas akhir pekan ini adalah judul animasi Jepang “Detective Conan the Movie: The Million Dollar Pentagram”.

Baca juga: "Escape from Mogadishu", film baru Jo In-sung soal perang di Somalia

Ia menempati posisi teratas pada hari Rabu di hari peluncurannya, dan merosot ke posisi kedua pada hari Kamis dan Jumat, sebelum merosot lebih jauh ke posisi ketiga pada hari Sabtu dan Minggu. Selama akhir pekan standar Jumat hingga Minggu, “Conan” memperoleh 1,58 juta dolar AS. Adapun selama lima hari pembukaannya, ia telah menghasilkan 2,71 juta dolar AS.

Meskipun daya tahan “Escape” dan “Handsome Guys” lebih baik dari perkiraan di musim panas, yang pernah menjadi puncak box office di Korea, kini kehilangan momentum.

Penerimaan agregat nasional selama akhir pekan turun 12 persen dan menjadi 10,4 juta dolar AS. 

Baca juga: Lee Je Hoon dan Goo Kyo Hwan ditawari main film "Escape"

Penerjemah: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024