Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa ekonomi diberitakan oleh Kantor Berita ANTARA pada Minggu (21/7/2024) mulai dari dividen BUMN untuk negara hingga modal asing masuk ke Indonesia.

Berikut rangkuman berita ekonomi kemarin yang layak disimak Senin pagi ini:

1. Erick Thohir: BUMN berikan dividen untuk negara Rp85,52 triliun
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan BUMN memberikan dividen untuk negara tahun 2024 sebesar Rp85,52 triliun.

Dikutip melalui akun Instagram resmi pribadinya yang terverifikasi @erickthohir pada Minggu, di Jakarta, Erick menuturkan total dividen Rp85,52 triliun tersebut disumbang oleh 20 BUMN.

2. Menparekraf: Bandung Marathon masuk Sport Tourism yang menambah devisa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa gelaran Bandung Marathon masuk dalam kategori Sport Tourism yang bisa menambah devisa negara.

Menurut Sandiaga, digelarnya ajang Sport Tourism seperti Bandung Marathon ini, akan menjadi sumber devisa negara yang pemasukannya hampir dua kali lipat dari pariwisata jalur jasa.

3. Satgas Infrastruktur: IKN sudah miliki sumber air baku
Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN), Danis H Sumadilaga mengatakan, di IKN sudah ada sumber air baku yang siap dialirkan ke kawasan IKN dan sekitarnya, sehingga para penghuninya tidak akan kekurangan air.

4. Menhub tekankan pengutamaan keselamatan usai helikopter jatuh di Bali
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan bahwa insiden jatuhnya helikopter di Bali pada Jumat (19/7/2024) pukul 15.33 Wita merupakan pembelajaran terkait pengutamaan keselamatan.​​​​​​​

5. BI: Modal asing masuk bersih di Indonesia capai Rp690 miliar​​​​​​​​​​​​​​
Bank Indonesia (BI) mengatakan, aliran modal asing masuk bersih di pasar keuangan domestik mencapai Rp690 miliar dalam periode 15-18 Juli 2024.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, di Jakarta, Sabtu, nilai tersebut terdiri dari modal asing masuk bersih di pasar saham Rp670 miliar dan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) Rp400 miliar, sedangkan modal asing keluar bersih di pasar Surat Berharga Negara (SBN) Rp380 miliar.​​​​​​​

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024