Makassar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) sukses menggelar PLN Mobile Herald Run 2024 dengan mencatatkan pengurangan emisi karbon sebanyak 3.840 kilogram CO2 di Pantai Akarena, Kota Makassar, Minggu.
 
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin mengatakan, PLN Mobile Herald Run 2024 menjadi ajang bagi perseroan mengajak masyarakat berperan aktif dalam upaya mereduksi emisi karbon.
 
Hal ini merupakan salah satu bentuk upaya menjaga lingkungan sekaligus memitigasi dampak perubahan iklim.
 
"Caranya apa, salah satunya dengan berlari. Karena dengan teman-teman berlari ini nanti akan ada pengurangan emisi gas rumah kaca dibandingkan menggunakan kendaraan berbasis BBM. Kita lakukan ini untuk memastikan generasi mendatang lebih baik dari generasi saat ini," ujar Andy.
 
Dengan mengusung tema 'Power Up Renewable Energy', kegiatan lari tingkat nasional tersebut sekaligus menjadi ajang bagi PLN untuk mengajak peserta menggaungkan spirit ramah lingkungan dengan menyumbangkan Flag off dilakukan dari titik start-finish di Pantai Akarena, Kota Makassar.
 
Pengurangan emisi melalui PLN Mobile Herald Run 2024 terjadi karena berlari merupakan mobilitas tanpa emisi, dibandingkan dengan mobilitas menggunakan kendaraan berbasis BBM yang menghasilkan emisi 2,4 kg CO2 per 10 kilometer. Maka, dengan total jarak yang ditempuh dan diikuti 2.100 pelari dengan kategori 10K sebanyak 1.100 peserta dan kategori 5K sebanyak 1.000 peserta, kegiatan ini mampu mengurangi emisi sekitar 3.840 kg CO2.
 
Andy pun optimistis bahwa giat lari ini dapat membangun awareness para pelari untuk ikut serta menjaga bumi melalui upaya mengurangi emisi karbon.
 
Hal ini sejalan dengan komitmen PLN untuk menekan emisi karbon demi mencapai target Net Zero Emissions pada 2060 atau lebih cepat. Apalagi, dengan antusiasme tinggi para peserta yang mengikuti PLN Mobile Herald Run 2024 kali ini.
 
"Saya ingin mengucapkan terima kasih atas partisipasi dari seluruh peserta yang telah mengikuti PLN Mobile Herald Run 2024. Kali ini tergambar nyata bahwa terdapat semangat untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan dapat mendinginkan bumi, ini juga adalah tagline dari PLN Mobile Herald Run 2024," ujar Andy.
 
Selain mengampanyekan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan, hadirnya kegiatan ini juga sekaligus upaya PLN dalam meningkatkan awareness masyarakat pada layanan digitalisasi PLN Mobile. Hal tersebut dibuktikan dengan total 6.000 transaksi token listrik dan pembelian 200 layanan _Renewable Energy Certificate_ (REC).
 
Andy juga mengajak masyarakat dapat lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi PLN Mobile, bukan hanya untuk transaksi kelistrikan tetapi juga untuk berbagai keperluan lainnya seperti fitur marketplace yang bekerja sama dengan UMKM, maupun fitur electric vehicle.
 
"Selain itu bagi pelanggan yang beruntung akan berkesempatan mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah dalam Program Gelegar Maksi," urai Andy.
 
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Zudan Arif Fakhrulloh mengapresiasi giat PLN Mobile Herald Run 2024 karena memberikan manfaat bagi kesehatan masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan.
 
"Selamat kepada PLN atas terselenggaranya Mobile Herald Run 2024, kami optimistis kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan masyarakat," kata Zudan.
 
Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, turut mendukung acara ini. "Mari kita isi keseharian kita dengan kegiatan berlari dan hati yang bahagia. Inilah ciri kota yang maju, di mana pelari dapat dengan nyaman melakukan hobinya dan turut mendukung kampanye ramah lingkungan," ujar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Baca juga: PLN UID Sulselbar catat kenaikan transaksi signifikan di 30 SPKLU
Baca juga: PLN UID Sulselbar pamerkan produk UMKM binaan di Inacraft 2023

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024