Untuk teknis pengerjaan fisik RLH ini dilakukan secara swadaya masyarakat, dari masyarakat untuk masyarakat.
Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang, Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (PUPR-PKPP) Riau tahun 2024 membangun 35 unit Rumah Layak Huni (RLH) untuk korban kebakaran di Desa Pujud Selatan, Kecamatan Pujud, Rokan Hilir (Rohil).

Puluhan rumah warga di Desa Pujud Selatan terbakar pada Juli 2023, mengakibatkan 73 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Pembangunan rumah layak huni itu merupakan arahan dari pimpinan, Penjabat Gubernur Riau SF Hariyanto, untuk membantu korban kebakaran di Kabupaten Rokan Hilir," kata Kepala Dinas PUPR-PKPP Provinsi Riau M Arief Setiawan, di Pekanbaru, Minggu.

Menurut dia, saat ini progres pengerjaan fisik pembangunan 35 unit RLH itu adalah dalam proses mobilisasi material yang diharapkan akhir tahun 2024 pembangunan RLH sudah rampung.

Pembiayaan pembangunan 35 unit RLH tersebut dianggarkan dalam APBD Provinsi Riau sebesar Rp3,5 miliar, dengan satu unit rumah dialokasikan Rp100 juta.

"Untuk teknis pengerjaan fisik RLH ini dilakukan secara swadaya masyarakat, dari masyarakat untuk masyarakat. Kami hanya memberi anggaran ke kelompok masyarakat, dan masyarakat yang mengerjakan pembangunan rumah tersebut," katanya pula.

Di samping itu, pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi terkait bantuan RLH kepada calon penerima/para korban yang telah kehilangan tempat tinggal, agar dapat menjaga bantuan pembangunan RLH tersebut dengan baik.
Baca juga: Kementerian PUPR renovasi 1.450 rumah tak layak huni di Kepulauan Riau
Baca juga: TNI AU bedah rumah tidak layak huni di Pekanbaru

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024