Rotary International adalah organisasi pengabdian berskala internasional yang hadir di lebih dari 200 negara
Solo (ANTARA) - Rotary Internasional berupaya ikut meningkatkan literasi warga Solo Jawa Tengah, dengan memberikan bantuan berupa gazebo dan buku bacaan di sejumlah titik di Kota Surakarta.

President Rotary Club Solo Raya Kristin Susana di Solo Jawa Tengah Minggu mengatakan, pendidikan dan literasi menjadi salah satu dari tujuh area fokus program Rotary Club Solo Raya.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut diberikan ke sejumlah kelurahan, Taman Cerdas di Kelurahan Gilingan, dan Taman Cerdas di Kelurahan Penularan.

"Bantuan ini sebagai bentuk dukungan kepada Pemkot Surakarta dan masyarakat Surakarta dalam rangka mewujudkan sarana baca anak di lingkungan mereka," katanya.

Ia mengatakan, bantuan juga diberikan sebagai bentuk apresiasi dan semangat dalam dunia literasi.

"Kami berharap apa yang diberikan benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat maupun pemerintah," katanya.

Pihaknya juga ingin ke depan lebih berpartisipasi, sehingga dapat menjadi mitra yang baik bagi pemerintah maupun masyarakat.

Sementara itu, Rotary International adalah organisasi pengabdian berskala internasional yang hadir di lebih dari 200 negara di dunia dan berusia 117 tahun.

Khusus di Indonesia, Rotary terbagi dalam dua wilayah, yakni wilayah Indonesia Timur D 3420 dan wilayah Indonesia Barat D 3410.

Kristin mengatakan, Rotary Club Solo Raya ada di bawah Rotary Distrik 3420 di wilayah Indonesia Timur.

Selain pendidikan dasar dan literasi, fokus program Rotary, yakni perdamaian dunia, pencegahan dan pemberantasan penyakit, penyediaan air bersih, kesehatan ibu dan anak, pemberdayaan masyarakat desa melalui ekonomi, dan lingkungan.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024