Padang (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf) menyarankan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama kabupaten dan kota lainnya memperkuat event wisata untuk menggarap berbagai potensi pariwisata unggulan.

"Kekhasan dan keunggulan pariwisata Sumatera Barat perlu didorong dengan berbagai event seperti pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Piaman," kata Sekretaris Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf Kemenparekraf Oni Yulfian di Pariaman, Minggu.

Hal tersebut disampaikan Oni Yulfian pada rangkaian puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024 yang dipusatkan di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumbar.

Menurut eks Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar tersebut banyak potensi wisata unggulan di Ranah Minang yang dapat dikembangkan, dan bisa menjadi pendorong roda perekonomian daerah maupun nasional.

"Potensi unggulan ini misalnya di sektor budaya, wisata alam maupun wisata buatan yang dapat dikembangkan melalui penguatan event," ujar dia.

Oni mengatakan pengembangan sektor unggulan itu bisa diarahkan dengan mengedepankan seni budaya serta keunikan tradisi yang hidup di lingkungan masyarakat.

Ia mencontohkan daerah-daerah di Sumbar dapat meniru pelaksanaan Pesona Hoyak Tabuik Piaman yang sudah masuk karisma event nasional 2024. Pesta budaya di Pesisir Barat Sumbar itu dinilai berhasil memaksimalkan potensi wisata dengan mengedepankan keunikan tradisi dan tradisi yang hidup di masyarakat.

"Kemenparekraf berharap Pesona Hoyak Tabuik ini mampu mempromosikan keindahan serta melestarikan tradisi serta kreativitas masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia mengatakan Pesona Hoyak Tabuik merupakan bagian dari prosesi yang panjang serta mengandung semangat filosofi yang mendalam dari masyarakat Pariaman.

"Yang terdaftar di karisma event nasional 2024 ialah Pesta Budaya Hoyak Tabuik," kata Roberia.

Baca juga: Kemenparekraf sarankan Pariaman usung storynomics kembangkan wisata
Baca juga: Pemkot Pariaman sediakan 13 lokasi parkir pada puncak Tabuik 2024
Baca juga: Pariaman gratiskan tiket masuk objek wisata pada puncak Tabuik

 

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024