Surabaya (ANTARA) - Pelatih Timnas Australia U-19 Trevor Morgan tak dapat berbicara banyak soal pilihan lawan di semifinal Piala AFF U-19 atau ASEAN U-19 Boys Champions 2024 setelah timnya kini berpeluang besar mencapai babak tersebut.

Kemenangan 6-2 atas Vietnam pada laga kedua Grup B di Stadion Gelora 10 November, Surabaya, Minggu membuat Australia memuncaki klasemen grup dengan enam poin, unggul lima poin dari Vietnam, dan juga Myanmar yang baru memainkan laga keduanya melawan Laos malam ini.

Dengan situasi ini, Fabian Talladira dan kawan-kawan berpeluang lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Mereka berpeluang bertemu tiga kontestan terkuat di AFF U-19 pada babak semifinal, termasuk bertemu tuan rumah Indonesia yang juga mengoleksi poin yang sama di Grup A.

Baca juga: Australia amankan tiket semifinal setelah kalahkan Vietnam 6-2

Namun, ketika disinggung lebih jauh terkait peluang bertemunya Australia dengan Indonesia untuk keempat kalinya tahun ini di semua kelompok umur setelah di Piala Asia 2023, Piala Asia U-23 2024, dan Piala AFF U-16 2024, Trevor enggan berbicara banyak.

“Saya belum mendapatkan kesempatan itu dan para pemain saya juga tidak. Jadi buat saya ini baru (kemungkinan lawan Indonesia di AFF U-19). Saya tidak dapat memprediksi, saya tidak tahu,” kata Trevor ketika ditemui ANTARA selepas laga.

Kemenangan 6-2 atas Vietnam membuat Australia menjadi tim tersubur sejauh ini di AFF U-19 setelah mencetak 12 gol dari dua laga.

Pelatih Timnas Vietnam U-19 Hua Hien Vinh mengatakan ketika melihat Australia bermain, ia mengatakan negara berjuluk Socceroos itu berpeluang menjadi kampiun Piala AFF U-19 untuk keenam kalinya atau yang terbanyak sejak ajang ini bergulir pada 2002.

“Australia tidak hanya menjadi tim terbaik di grup tetapi juga kandidat juara turnamen ini,” kata Hua.

Baca juga: Indonesia berhasil tumbangkan Kamboja 2-0

Baca juga: Tekuk Timor Leste 2-0, Filipina jaga asa lolos ke semifinal


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024