Gianyar, Bali (ANTARA) - Arema FC mengalahkan Bali United dengan skor 1-0 pada laga perdana Grup B Piala Presiden 2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu.

Gol tunggal pada pertandingan sengit itu tercipta dari penyerang Arema, Salim Akbar Tuharea pada menit ke-10.

Pemain dengan nomor punggung 30 itu menjebol gawang tim tuan rumah setelah memanfaatkan bola pantulan kiper Bali United Adilson Maringa yang saat itu menangkis serangan Charles Lokoli Ngoy.

Tim tamu Singo Edan unggul satu gol pada awal babak pertama yang membuat skuad tuan rumah dengan julukan Serdadu Tridatu itu berusaha membalas.

Dengan arahan pelatih kepala Stefano Cugurra, penyerang sayap kanan Privat Mbarga berupaya menjebol gawang yang dijaga ketat kiper tim lawan, Lucas Frigeri.

Namun, tendangan keras itu justru membuat bola melenceng ke sebelah kanan gawang lawan.

Begitu juga usaha gelandang Bali United Kenzo Nambu pada menit ke-19 yang gagal mencetak gol melalui sundulan yang melambung di atas mistar gawang.

Baca juga: Arema bangun mental pemain di Piala Presiden 2024

Memasuki babak kedua tim tuan rumah kembali melancarkan serangan bahkan memiliki peluang cetak gol di antaranya oleh Irfan Jaya pada menit ke-51 dan Everton Nascimento pada menit ke-73.

Namun serangan tersebut dapat diantisipasi pertahanan ketat Arema termasuk sang kiper anyar, Lucas Frigeri yang tampil cermat menyelamatkan gawang agar tak kebobolan.

Tim tuan rumah kemudian mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-82 setelah melalui penilaian menggunakan video perbantuan untuk wasit (Video Assistant Referee/VAR).

Penalti terjadi setelah salah satu pemain Arema melakukan pelanggaran terhadap bek kanan Novri Setiawan di area terlarang itu.

Namun, berkat kecermatan kiper Arema asal Brasil itu hanya dengan menggunakan satu tangan kanannya dapat menggagalkan tendangan penalti yang dieksekusi Everton Nascimento pada menit ke-85.

Hingga tambahan waktu enam menit pada laga yang dikawal wasit Nendi Rohaendi itu, tim tuan rumah belum dapat menjebol gawang lawan dan terjadi beberapa kali kartu kuning salah satunya diterima Pelatih Kepala Bali United Stefano Cugurra.

Bali United terpaksa harus menelan pil pahit di kandang sendiri pada pertandingan yang disaksikan langsung oleh sekitar 3.000 penonton di Piala Presiden 2024.

Susunan pemain

Bali United: Adilson Maringa (kiper), Elias Dolah, Bagas Adi, Brandon Wilson, Mitsuru Maruoka, Ricky Fajrin, Andhika Wijaya, Privat Mbarga, Kenzo Nambu, Rahmat Arjuna, Everton Nascimento.

Pelatih Kepala : Stefano Cugurra

Arema FC:

Lucas Hendrique Frigeri (kiper), Thales Lira, Sneyder Julian, Arkhan Fikri, Charles Lokoli Ngoy, Jayus Hariono, Achmad Maulana, Choi Bokyung, Dedik Setiawan, Salim Akbar Tuharea, Johan Alfarizie.

Pelatih Kepala: Joel Cornelli.

Baca juga: Bali United sebut tak temui kendala kuota pemain asing belum lengkap

Baca juga: Persija bertekad ulangi kejayaan Piala Presiden 2018

Baca juga: Madura kantongi kekuatan Persija di Piala Presiden 2024

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024