Jakarta (ANTARA) - Mantan pasangan ganda campuran sekaligus mentor AdHoc PP PBSI untuk Olimpiade Paris 2024 Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir mengingatkan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari untuk terus menjaga fokus menjelang debut mereka di panggung olahraga terbesar di dunia itu, pekan depan.

“Saya selalu mengingatkan kepada Rinov (Rivaldy)/Pitha (Haningtyas Mentari), ini kan sudah sangat mendekati. Kalau kemarin di Cipayung kan masih satu bulan, dua bulan tapi di sini (Chambly) tinggal hitungan hari,” jelas Lilyana, dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Minggu.

“Tempatnya juga sudah sangat dekat dengan arena. Sudah di negara Olimpiadenya. Jadi fokus harus dikencangkan, pola strategi dimatangkan, pukulannya lebih disolidkan lagi,” ujarnya menambahkan.

Menurut pemain yang akrab disapa Ci Butet itu, semua persiapan baik di pelatnas maupun pemusatan latihan di Chambly, bisa mematangkan kemampuan dan pikiran saat berlaga di lapangan nantinya.

“(Selain itu) Yang penting cara berpikirnya dan tidak terjebak dengan zona nyaman pola permainannya. Harus tahu misalnya kita sudah nyaman main dengan cara tertentu tapi kalau lawan sudah mengantisipasi, bisa segera diubah," jelas Liliyana.

“Merapikan detil-detil seperti itu di waktu yang sedikit ini,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Jelang Paris, Rinov/Pitha ingin nikmati debut mereka di Olimpiade

Pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu pun kembali mengingatkan bahwa rutinitas di pemusatan latihan menjelang Olimpiade pasti juga menjadi sebuah tantangan tersendiri.

“Saat datang kemari, lihat anak-anak latihan. Jadi terbayang lagi, dulu pernah merasakan ini juga. Saat itu, dua minggu berjalan cepat rasanya,” ungkap Liliyana.

“Jenuh pasti dengan rutinitas yang itu-itu saja tapi saya coba mengalihkan pikiran itu dengan benar-benar fokus ke pertandingan Olimpiade-nya,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Tontowi/Liliyana juga berharap apa yang mereka sampaikan bisa menjadi motivasi lebih untuk Rinov/Pitha.

“Saya mencoba memberikan yang maksimal terutama saat training camp ini. Berbagi ilmu dan pengalaman,” kata Tontowi.

“Harapan saya dan Owi, semoga kehadiran kami bisa membawa aura positif. Apa yang kami bagikan cerita-cerita tentang Olimpiade bisa memotivasi mereka,” ujar Liliyana.

Baca juga: Fajar/Rian jadikan pengalaman sparring Tokyo 2020 untuk bekal di Paris

Baca juga: Pelatih: Gregoria kumpulkan kepercayaan diri jelang Olimpiade keduanya


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024