Jakarta (ANTARA) - Jaksa Agung ST Burhanuddin optimistis penguatan peran Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) dapat mendukung akselerasi Kejaksaan untuk mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas.

Jaksa Agung menyampaikan itu pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-24 IAD yang mengusung tema Penguatan Peran Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Mendukung Upaya Akselerasi Kejaksaan untuk Mewujudkan Penegakan Hukum Modern Menuju Indonesia Emas di Jakarta, Minggu.

“Akselerasi Kejaksaan untuk mewujudkan penegakan hukum modern menuju Indonesia Emas ini harus didukung penguatan peran Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang selalu hadir dalam mendukung tugas pokok dan fungsi para suami sebagai Insan Adhyaksa,” ucap Burhanuddin sebagaimana keterangan tertulisnya.

Jaksa Agung, selaku pimpinan Kejaksaan sekaligus Ketua Pengawas IAD mengapresiasi jajaran IAD.

Menurutnya, IAD telah menujukkan eksistensi, dedikasi, dan karya nyata yang optimal meningkatkan mutu organisasi serta memberikan nilai tambah bagi lingkungan masyarakat.

Penguatan peran IAD, imbuh dia, dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memberikan energi positif, menjadi penyemangat, serta motivator bagi suami agar profesional dan optimal dalam menjalankan tugas selaku insan Adhyaksa.

“Oleh karena itu, saya yakin apabila para suami sebagai insan Adhyaksa mampu bekerja secara optimal dalam setiap pelaksanaan tugas dan kewenangan, akan memberikan implikasi perwujudan penegakan hukum yang modern,” imbuh Jaksa Agung.

Di samping itu, dia menyebut peringatan HUT ke-24 IAD menunjukkan bahwa organisasi istri insan Adhyaksa itu telah dewasa dan berkembang.

Jaksa Agung optimistis IAD dapat menjadi salah satu faktor pendukung dalam mewujudkan arah kebijakan institusi Kejaksaan.

“Dengan usia yang lebih dari dua dekade ini, diharapkan mampu menjadi stimulus bagi organisasi IAD untuk turut serta berperan dalam mewujudkan kemajuan institusi. Para istri harus selalu teguh dalam mengingatkan para suami sebagai korps Adhyaksa agar tetap dalam koridor yang benar dalam pelaksanaan tugas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Burhanuddin berharap agar IAD tidak hanya menjadi organisasi istri para pegawai Kejaksaan semata, tetapi juga menjadi organisasi yang konsisten berkarya, tumbuh profesional, dan mampu menjaga eksistensi melalui terobosan positif, sehingga bermanfaat untuk masyarakat.

“Mari jadikan peringatan hari ulang tahun ini menjadi momentum dan pemicu kita semua untuk tumbuh berkembang dan selalu berkarya untuk mendukung Indonesia Emas. Saya ucapkan selamat Hari Ulang Tahun ke-24 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Tahun 2024,” kata Jaksa Agung.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024