Jakarta (ANTARA) -
Sunscreen spray bisa menjadi pilihan bagi pria aktif dan menginginkan perlindungan matahari yang praktis karena kemudahan penggunaannya dan teksturnya yang nyaman.
 
Aktor Tarra Budiman yang sekarang menekuni olahraga lari mengaku sangat cocok menggunakan tabir surya jenis ini.
 
"Kepraktisan itu penting bagi laki-laki, jadi ga mau yang terlalu ribet. MS Glow For Men Sunscreen Spray menurut saya jadi solusi yang memberi perlindungan sekaligus kepraktisan. Ketika digunakan pun, teksturnya ringan dan anti-lengket jadi nyaman banget. Inovasi seperti ini menurut saya keren banget dan juga menjawab kebutuhan masyarakat khususnya kaum laki-laki yang kerap beraktivitas outdoor, termasuk para pegiat olahraga lari," kata Tarra dalam siaran pers pada Minggu.

Sementara itu dr Prima Bachrul Alam, ahli kecantikan di MS GLOW Beauty menjelaskan bahwa penggunaan sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu amunisi penting bagi aktivitas di luar ruang di daerah tropis.
"Paparan sinar matahari tanpa perlindungan dari sunscreen secara terus menerus dapat merusak kolagen yang ada pada kulit. Hal ini menyebabkan kulit tampak keriput, kusam bahkan dapat terjadi pada usia muda karena mengabaikan penggunaan sunscreen secara teratur. Untuk itulah penggunaan sunscreen sebagai pencegahan penuaan dini sangat penting."
Paparan sinar matahari pada kulit tanpa adanya perlindungan dari sunscreen dapat menyebabkan munculnya bintik hitam, bintik coklat dan berbagai tumor jinak kulit hingga kanker kulit.
 
Beberapa macam penyakit kulit, sensitif terhadap paparan sinar matahari. Dr Prima mencontohkan penyakit lupus yang kulitnya sensitif dengan paparan sinar matahari, wajib menggunakan sunscreen selain pada pasien yang memiliki photosensitivity (sensitif dengan paparan sinar matahari).
Tabir surya atau sunscreen yang paling umum digunakan di Indonesia memiliki kadar SPF 30 atau lebih. SPF 30 mengindikasikan bawah kulit dapat bertahan 30 kali lebih lama di bawah sinar matahari tanpa mengalami sunburn.
 
Menurut penelitian, tabir surya dengan SPF 30 bisa menghambat sekitar 97 persen sinar UV B, sedangkan SPF 50 menghambat sekitar 98 persen sinar UV B.
 
MS Glow For Men Sunscreen Spray tak hanya memiliki perlindungan spektrum luas dan SPF 45 PA++, tapi juga diperkaya dengan ekstrak biji Oat Hitam (Avena Strigosa) yang melembabkan, meredakan iritasi kulit dan dapat dipakai oleh mereka dengan kulit sensitif. Sementara itu, kandungan Vitamin C di dalam Sunscreen Spray membantu mencerahkan, menyamarkan noda hitam di wajah dan melindungi kulit dari efek radikal bebas.
 
Lebih lanjut Prima juga menambahkan bahwa pemilihan pakaian ketika beraktivitas di luar ruang juga penting untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UV.
 
"Selain menggunakan tabir surya, lindungi kulit Anda dengan mengenakan celana panjang, baju lengan panjang, topi dan kacamata anti-UV untuk mencegah radiasi sinar matahari secara optimal," katanya.
 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024