Turin, Bologna, Verona, dan Trieste menjadi kota-kota yang paling parah terkena dampak gelombang panas di utara....
Roma (ANTARA) - Beberapa kota di Italia berada dalam peringatan suhu panas tertinggi pada Jumat (19/7), seiring dengan gelombang panas yang menyebabkan suhu ekstrem dan diperkirakan akan mencapai puncaknya pada akhir pekan.

Peringatan merah, yang merupakan peringatan tertinggi dalam sistem empat tingkat negara tersebut, akan diberlakukan selama tiga hari di 17 dari 27 kota yang termasuk dalam sistem pemantauan nasional yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan Italia, dan lima kota lainnya berada di bawah peringatan oranye, peringatan tingkat kedua tertinggi.

Turin, Bologna, Verona, dan Trieste menjadi kota-kota yang paling parah terkena dampak gelombang panas di utara, sementara Florence, Roma, dan Perugia di Italia tengah, serta Bari dan Palermo di selatan juga mengalami suhu yang sangat tinggi.

Di beberapa daerah, terutama di sejumlah area metropolitan, suhu diperkirakan akan melebihi 40 derajat Celsius selama 48 jam ke depan, dan suhu akan sedikit mereda dengan datangnya gelombang udara yang lebih sejuk secara bertahap di beberapa area ini pada Minggu (21/7) sore waktu setempat, menurut perkiraan cuaca dari Angkatan Udara Italia dan layanan cuaca daring ilMeteo.it.

Dalam sistem Italia, peringatan merah menandakan risiko kesehatan yang serius bagi semua penduduk.
   Peringatan Kementerian Kesehatan Italia ini menjadi berita utama di media-media negara itu, karena negara ini memasuki musim liburan tersibuk ketika jutaan orang, termasuk turis asing dan penduduk lokal, ingin melakukan berbagai kegiatan di luar ruangan


Terkait dengan peringatan oranye dan merah, risiko kebakaran hutan yang meningkat juga dilaporkan di beberapa area, termasuk ibu kota regional Sisilia, Palermo, di mana pihak berwenang setempat telah mengeluarkan peringatan risiko kebakaran hutan tertinggi untuk akhir pekan ini.

Tuscany juga tetap dalam keadaan siaga tinggi setelah setidaknya 13 kebakaran hutan dilaporkan dan dipadamkan di seluruh wilayah itu pada Kamis (18/7), menurut pihak berwenang setempat.

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024