Kami menyadari pentingnya adaptasi terhadap sistem untuk selalu ditingkatkan, mengingat keamanan informasi dan perlindungan data merupakan prioritas bagi Allianz Indonesia, khususnya dalam membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah
Jakarta (ANTARA) - PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama), PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life), dan PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) memperoleh sertifikasi ISO27001:2022, yang merupakan standar internasional terkait sistem manajemen keamanan informasi.

Dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, Chief Digital Officer Allianz Life Indonesia Mike Sutton menuturkan bahwa pihaknya selalu memprioritaskan penerapan standardisasi tata kelola sistem informasi yang terbaru dan terintegrasi.

“Teknologi baru tentu menuntut setiap perusahaan untuk merespons tantangan digital yang akan semakin meningkat,” ujarnya.

Ia menyatakan bahwa pihaknya terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang optimal, terutama dalam pengelolaan dan perlindungan informasi, sehingga nasabah merasa aman untuk menggunakan produk-produk Allianz Indonesia.

“Kami menyadari pentingnya adaptasi terhadap sistem untuk selalu ditingkatkan, mengingat keamanan informasi dan perlindungan data merupakan prioritas bagi Allianz Indonesia, khususnya dalam membangun kepercayaan dan loyalitas nasabah,” kata Mike.

Selain agar mengikuti standard internasional, ia menuturkan bahwa upaya tersebut juga bertujuan untuk mematuhi ketentuan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 71/2019 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PP PSTE).

Melalui penerapan standard terbaru tersebut, pihaknya telah mengembangkan kebijakan keamanan informasi pengelolaan risiko, pengendalian keamanan, pengelolaan akses, pemantauan dan peninjauan kinerja keamanan informasi, serta tindak lanjut atas insiden keamanan.

Ia mengatakan bahwa lingkup proses di Allianz Life dan Allianz Syariah yang telah mendapatkan sertifikasi tersebut adalah perlindungan data nasabah untuk penerbitan polis secara digital pada produk asuransi jiwa individu.

Sementara itu di Allianz Utama, lingkup proses yang telah tersertifikasi meliputi perlindungan data nasabah untuk layanan penerbitan polis secara digital pada produk asuransi kendaraan paket standar.

“Kami berharap melalui penerapan kontrol ISO27001:2022, Allianz Indonesia meningkatkan standar pengamanan terhadap informasi dan data nasabah serta mengurangi risiko terkait keamanan informasi, khususnya yang berkaitan dengan siber,” imbuh Mike.

Baca juga: Turbulensi hebat pesawat, Allianz soroti perlunya asuransi perjalanan
Baca juga: Allianz luncurkan program pemberdayaan perempuan di industri asuransi


Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024