Sungai Cisadane yang menjadi jantung festival ini, 600 tahun lalu menjadi urat nadi perekonomian dan jalur transportasi penting bagi kota ini. Untuk itu, festival ini bukan hanya ajang hiburan semata, namun juga menjadi wadah dan peluang bagi para pe
Tangerang (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin mengatakan, Festival Cisadane 2024 menjadi ajang bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk dan jasa mereka, serta mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

"Sungai Cisadane yang menjadi jantung festival ini, 600 tahun lalu menjadi urat nadi perekonomian dan jalur transportasi penting bagi kota ini. Untuk itu, festival ini bukan hanya ajang hiburan semata, namun juga menjadi wadah dan peluang bagi para pelaku seni budaya untuk menunjukkan eksistensi dan memajukan kesenian di tengah masyarakat," kata Penjabat Wali Kota Tangerang Nurdin di Tangerang, Minggu.

Festival Cisadane yang digelar di Bantaran Sungai Cisadane telah resmi dibuka pada Sabtu (20/7) malam.

Festival Cisadane juga sebagai wujud komitmen melestarikan budaya, sejarah, dan kreativitas masyarakat Kota Tangerang.

"Alhamdulillah, Festival Cisadane yang diadakan setiap tahun ini kembali digelar, agenda ini telah menjadi bagian integral dari kalender kota dan selalu dinanti-nantikan oleh masyarakat. Sebagai warga kota, kita patut bangga dan terus mengembangkan kekayaan sejarah dan budaya ini," katanya.

Ia juga mengundang masyarakat untuk menikmati berbagai pertunjukan budaya dan kemeriahan Festival Cisadane selama dilaksanakan.

"Pemerintah Kota Tangerang berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam kemajuan kebudayaan termasuk pembangunan infrastruktur dan ekonomi," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang Rizal Ridolloh menambahkan Festival Cisadane 2024 juga menjadi momentum untuk membangkitkan pariwisata di Kota Tangerang. Apalagai festival ini ajang yang diakui sebagai “The Seven Wonders of Banten”.

"Tidak hanya sebagai representasi akulturasi budaya, Festival Cisadane juga disuguhkan sebagai salah satu hiburan atau pesta budaya yang bisa dinikmati oleh masyarakat di Tangerang Raya. Apalagi, antusiasnya sangat luar biasa, sehingga diharapkan mampu meningkatkan geliat perekonomian,” katanya.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Festival Cisadane pada 20 - 24 Juli 2024 di sepanjang jalan Benteng Jaya hingga Jembatan Brendeng dimeriahkan penjualan kuliner dan UMKM hingga lomba perahu naga.

Baca juga: Disnaker sediakan 1.091 lowongan kerja selama Festival Cisadane
Baca juga: DLH Tangerang buka pelatihan pengolahan sampah hingga konservasi air

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024