Jakarta (ANTARA) - Puasa sunnah Senin Kamis adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Sebagai umat muslim tentu saja kita ingin mengikuti jejak Rasulullah SAW dalam mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Lalu apa saja keutamaan dan manfaat puasa sunnah Senin Kamis? Simak penjabarannya di bawah ini:

Baca juga: Puasa Asyura, keutamaan dan manfaatnya

Baca juga: Hari Asyura, ini amalan dan puasa yang dianjurkan Islam


Keutamaan puasa Sunnah Senin Kamis

Ada beberapa keutamaan yang dimiliki oleh puasa Senin-Kamis, di antaranya yaitu:

1. Puasa yang selalu dilakukan oleh Rasulullah.

Siti ‘Aisyah radhiyallu ‘anha pernah menyampaikan bahwa nabi senantiasa berpuasa di hari Senin dan Kamis:

كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَتَحَرَّى صَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ


Artinya, “Nabi saw selalu menjaga puasa Senin dan Kamis” (HR Tirmidzi dan Ahmad).

2. Hari Senin dan Kamis merupakan hari dibukanya pintu surga

Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa Allah SWT membuka pintu surga pada hari Senin dan Kamis. Puasa pada hari-hari tersebut menjadi sarana untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah dan mendapatkan rahmat-Nya.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلَّا رَجُلًا كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ


Artinya, “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan." (HR Muslim, No. 4652)

3. Hari penyetoran amal manusia

Syekh Sulaiman al-Bujairami (w. 1806 M) menjelaskan, setiap hari amalan manusia dicatat oleh malaikat sebanyak dua kali, yaitu waktu siang dan malam. Untuk setiap minggunya, yaitu hari Senin dan Kamis, amal akan disetorkan kepada Allah ﷻ. Sementara untuk setiap tahunnya, diesetorkan pada malam Nisfu Sya’ban (Al-Bujairami, Hasyiyah al-Bujairami ‘Alal Khotib, juz 2, h. 116).

Manfaat puasa sunnah Senin dan Kamis

1. Meningkatkan kesehatan fisik

Puasa memiliki banyak manfaat kesehatan. Dengan berpuasa, tubuh kita diberikan waktu untuk beristirahat dari pencernaan makanan. Dengan melakukan puasa Senin Kamis yang rutin kita bisa menurunkan kadar lemak dan akan terhindar dari gangguan penyakit seperti kolesterol dan tekanan darah tinggi.

2. Meningkatkan disiplin dan kontrol diri

Melaksanakan puasa secara rutin, termasuk pada hari Senin dan Kamis, membantu meningkatkan disiplin dan kontrol diri. Ketika berpuasa, kita belajar untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan perilaku buruk. Ini mengajarkan kita untuk lebih sabar dan kuat dalam menghadapi godaan dan cobaan sehari-hari.

3. Menumbuhkan kesabaran

Salah satu manfaat dari puasa Senin Kamis adalah melatih kesabaran untuk mengendalikan diri dan hawa nafsunya. Berpuasa membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus, mengurangi stres, dan memberikan perasaan ketenangan batin.

4. Menguatkan kedekatan dengan Allah SWT

Saat melaksanakan puasa Senin Kamis, kita dapat lebih dekat dengan Allah SWT. Kualitas ibadah kita juga dapat meningkat karena saat berpuasa, kita akan memiliki keinginan untuk menambah amal baik kita.

Baca juga: Amalan puasa Senin Kamis untuk meminta sesuatu

Baca juga: Niat puasa Senin Kamis lengkap Arab dan latin serta artinya

Baca juga: Puasa Dzulhijjah, niat dan keutamaannya


 

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024