Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara Guardian Run 2024 di Plaza Timur Gelora Bung Karno pada Minggu menyatakan komitmen pada hak peserta Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang akan berolah raga di saat yang sama.

"Kami tetap membagi jalur dengan teman-teman di CFD, jadi mungkin jalur pelari enggak akan bisa steril banget," kata Race Director Guardian Run 2024 Veddy Jonatan saat konferensi pers Guardian Run 2024 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu.

Veddy mengatakan petugas marshal akan membantu mengenali peserta Guardian Run 2024 dari jersei lari yang dikenakan. Sehingga penting untuk mengenakan jersei yang diberikan panitia saat peserta mendaftar demi memastikan peserta dapat terawasi oleh petugas sepanjang perlombaan.

Baca juga: Panitia Guardian Run 2024 fokus persiapkan keamanan lari bagi pemula

Baca juga: Kiat dan persiapan sebelum ikuti ultramarathon bagi pelari pemula


Petugas akan berupaya membantu memberikan arahan kepada para peserta Guardian Run 2024 untuk melintas jika pada waktunya peserta lari, jalur tertentu akan diisi orang lain.

Untuk mengurangi hambatan dari sesama peserta Guardian Run, gelombang peserta lari santai jarak 10.000 meter (10K) akan dilepas lebih dulu, lalu disusul pelepasan gelombang peserta lari santai jarak 5.000 meter (5K).

Panitia Guardian Run 2024 mengimbau para peserta untuk datang lebih awal untuk memahami situasi dan kondisi yang ada di lokasi sebelum acara dimulai.

Agar semua pihak merasa nyaman, peserta diharapkan menjaga ketertiban dan keamanan selama mengikuti acara, saling menghormati sesama pengguna area HBKB, serta mengikuti arahan dari petugas yang berwenang.

Total target peserta yang mengikuti Guardian Run 2024 untuk kategori jarak lari 5K dan 10K mencapai 5.500 peserta. Rute larinya dimulai dari Plaza Timur GBK ke arah Pintu VII kemudian mengikuti jalur hingga finis lagi di Plaza Timur GBK.

Baca juga: Kiat hindari "heat stroke" akibat cuaca panas saat lari maraton

Baca juga: Lima hal yang perlu diperhatikan untuk minimalkan risiko lari maraton

Baca juga: Guardian Run 2024 janjikan peserta jaga penampilan selesai berlari

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024