"Pada paruh pertama tahun ini, buah-buahan melampaui bijih besi sebagai kategori barang terbesar yang diimpor melalui Jalur Kereta China-Laos..."
Kunming (ANTARA) - Sejak awal tahun ini, angkutan kargo dan penumpang internasional Jalur Kereta China-Laos sukses mempertahankan momentum pertumbuhan.

Hingga 15 Juli, Bea Cukai Kunming telah mengawasi total 3,0272 juta ton barang impor dan ekspor senilai 10,197 miliar yuan di Jalur Kereta China-Laos, naik masing-masing 29,1 persen dan 61,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jalur Kereta China-Laos juga telah memastikan operasional 510 kereta penumpang internasional, dengan lebih dari 126.700 penumpang masuk dan keluar negara itu.

Dilaporkan bahwa sejak pembukaan Jalur Kereta China-Laos, produk listrik dan elektronik buatan China, produk fotovoltaik, serta karet alam dan buah-buahan tropis dari Laos dan Thailand diangkut melalui jalur kereta api tersebut di kedua arah, yang berkontribusi terhadap perkembangan perdagangan impor dan ekspor yang stabil dan positif.

Pada paruh pertama tahun ini, buah-buahan melampaui bijih besi sebagai kategori barang terbesar yang diimpor melalui Jalur Kereta China-Laos, sementara produk listrik dan elektronik serta wafer silikon monokristalin adalah barang ekspor utama.

Selain itu, Bea Cukai Kunming telah membentuk satuan kerja konsultasi perjalanan internasional di balai penumpang internasional Pelabuhan Kereta Api Mohan.

Penanggung jawab Bea Cukai Kunming menyatakan bahwa Bea Cukai Kunming terus mendorong pembangunan kepabeanan pintar dan inisiatif "Kepabeanan Pintar untuk Bangsa yang Lebih Kuat".

Dengan mengoptimalkan prosedur operasional menggunakan peralatan yang ada dan meningkatkan level intelijen Pelabuhan Kereta Api Mohan, Bea Cukai Kunming mampu memfasilitasi pengiriman "Lancang-Mekong Express" 24 jam dan mencapai konektivitas kereta api dua arah, serta terus meningkatkan efisiensi pengawasan, mengoptimalkan layanan perizinan, menciptakan lingkungan bisnis pelabuhan yang menguntungkan, dan memastikan kelancaran perizinan kepabeanan bagi penumpang dan kargo

Bea Cukai Kunming juga berkoordinasi dengan Jalur Kereta China-Laos, pemeriksaan perbatasan, keamanan publik, dan departemen lain untuk melakukan pemeriksaan kereta api secara serentak, meminimalkan waktu yang dihabiskan di pelabuhan kereta api tersebut dan mendukung pembukaan serta pengoperasian berbagai kereta khusus pariwisata di Jalur Kereta China-Laos, sehingga mendorong pertumbuhan pariwisata berkelanjutan di sepanjang jalur kereta tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024