Jakarta (ANTARA) - Panitia Guardian Run 2024 sangat fokus mempersiapkan keamanan mengikuti ajang lari santai jarak 5.000 meter (5K) dan 10.000 meter (10K) di Plaza Timur Gelora Bung Karno Senayan yang digelar pada 22 September.

Race Director Veddy Jonatan dalam konferensi pers Guardian Run 2024 di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, mengatakan panitia dari Guardian Indonesia dan iRace Indonesia bahkan telah menyiapkan syarat dan ketentuan dari sisi profil kesehatan calon peserta yang harus diisi sebelum mulai lari.

"Dari sisi kesehatannya, harus teman-teman runners perhatikan nih. Waktu mau mulai ikut Guardian Run, mereka dalam keadaan sehat atau tidak, begitu," kata Veddy.

Kedua pihak, kata Veddy, hingga saat ini juga masih mendiskusikan soal perlindungan asuransi untuk semua peserta.

Baca juga: Guardian Run 2024 janjikan peserta jaga penampilan selesai berlari

Baca juga: Rekomendasi peralatan yang dibutuhkan untuk olahraga lari


Diskusi terus terjadi karena panitia ingin para pelari bisa terlindungi keselamatannya saat mengikuti ajang ini, walaupun tema besar Guardian Run 2024 hanya berupa lari santai (fun run) saja.

"Kami benar-benar memproteksi kalian supaya enggak ada hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Veddy.

Kemudian hidrasi untuk peserta lari saat melakukan pemanasan, itu turut menjadi perhatian yang selanjutnya dari panitia dengan menyiapkan fasilitas air minum (water station) di setiap 2,5 kilometer.

Sehingga dengan jarak lari 5K maupun 10K, Veddy memastikan di sana akan tersedia hingga tiga unit fasilitas air minum (water station).

"Kemudian tenaga medis, di setiap water station juga kami menempatkan medis di sana," kata Veddy menambahkan.

Adapun total ambulans yang disiapkan nanti sebanyak tiga unit, berikut tenaga medis dan dokternya.

Veddy mengatakan satu ambulans yang memiliki fasilitas kesehatan paling lengkap, termasuk alat bantu oksigen dan alat bantu kejut jantung, akan ditempatkan pada arena lomba (race village) dan akan ada dokter ahlinya juga yang bersiap siaga di sana.

"Kami juga sediakan orang pertama yang sigap untuk memberikan pertolongan (marshal) yang akan mengawal para pelari untuk menjaga mereka. Kalau ada apa-apa, pertolongan pertamanya lebih cepat," kata Veddy.
Race Director Guardian Run 2024 Veddy Jonatan (kanan) dalam konferensi pers di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/7/2024). ANTARA/Abdu Faisal
Berlari tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga untuk kesehatan mental dan meningkatkan rasa percaya diri.
 
Namun kata Veddy, pemula sebaiknya tidak memaksakan staminanya untuk mengikuti tantangan 10K.

Dia berkata lari santai 5K lebih cocok untuk pemula dan pecinta lari sambil ingin bersenang-senang.

Pilihlah lomba lari yang sesuai dengan kemampuan dan target Anda. Latihlah diri Anda dengan baik sebelum mengikuti lomba. Siapkan perlengkapan lari yang sesuai. Datanglah ke lokasi lomba lebih awal. Istirahat secara cukup sebelum dan setelah lomba. Nikmati prosesnya dan jangan terlalu fokus pada hasil.

Baca juga: Tip lari yang tepat untuk para pemula agar tak mudah lelah dan cedera

Baca juga: Lima hal yang perlu diperhatikan untuk minimalkan risiko lari maraton

Baca juga: Kiat siapkan ketahanan mental untuk ajang lari maraton
​​​​​​​

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024