Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan dirinya rutin menunjukkan hobinya berlari di ruang publik karena ingin mencontohkan budaya baik untuk berolahraga kepada masyarakat agar dapat menjaga kesehatan tubuh.

Menurut Bey, sebagai figur publik belum banyak pejabat di pemerintahan yang aktif menunjukkan kegiatan berolahraga sehingga dirinya berinisiatif mengambil peran tersebut agar setidaknya bisa menjadi contoh bagi figur-figur lainnya.

"Kalau untuk lari itu teman-teman selebritas sudah banyak yang lari tapi kalau dari pemerintah masih sedikit yang lari. Justru saya berharap dengan saya berlari, kebiasaan itu bisa turun ke yang lain (ke masyarakat)," kata Bey di Bandung, Minggu.

Baca juga: Pj Heru sebut perlombaan lari bisa tingkatkan promosi wisata olahraga

Hal ini juga sejalan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akhir-akhir ini sedang mengkampanyekan gaya hidup sehat mengingat tingginya tingkat pengidap penyakit tidak menular yang biasanya disebabkan oleh gaya hidup di daerah Jawa Barat.

Beberapa penyakit itu di antaranya seperti Diabetes Melitus dan Hipertensi. Dari data Kementerian Kesehatan pada 2023, apabila dilihat secara nasional maka Jawa Barat masuk dalam kategori provinsi 10 teratas untuk kedua penyakit itu.

Adapun untuk kasus hipertensi Jawa Barat menempati posisi kelima secara nasional dengan persentase sebanyak 9.9 persen penduduknya mengalami hipertensi.

Baca juga: Kemala Run 2024 wujud kepedulian olahraga nasional

Lalu untuk Diabetes Melitus (DM), dilihat dari prevalensi berdasarkan diagnosis dokter pada penduduk semua usia ada sebanyak 1,7 persen kasus dengan posisi Jawa Barat menempati posisi kesembilan dari 10 provinsi teratas untuk prevalensi tertinggi secara nasional.

Dengan temuan-temuan itu, inisiatif berolahraga sebagai bagian gaya hidup diharapkan mampu dijalankan oleh masyarakat Jawa Barat.

Oleh karena itu, Bey berinisiatif mengambil peran untuk menjadi penggagas memulai kebiasaan-kebiasaan baik tersebut termasuk salah satunya berlari.

Baca juga: Dash Sports gelar kompetisi lari diikuti puluhan komunitas

Apalagi dengan kelebihan Bandung dan Jawa Barat yang dikenal memiliki udara yang relatif dingin dan teduh sehingga kebiasaan berlari rasanya mudah untuk dapat diikuti masyarakat.

Ia pun menyambut baik digelarnya acara-acara olahraga yang menjadikan kota maupun kabupaten di Jawa Barat sebagai lokasi penyelenggaraan dengan harapan akan semakin banyak masyarakat yang berolahraga sebagai bagian menjalani gaya hidup sehat.

"Saya sih berharap masyarakat bisa lebih banyak berolahraga dan dirutinkan. Karena penyakit-penyakit kayak darah tinggi, kolestrol, diabetes itu di Jawa Barat tertinggi. Dan itu sebenarnya bisa dicegah dengan olahraga dan gaya hidup sehingga itu akan sehat gitu," begitu harapan Bey. 

Baca juga: Ketahui manfaat berlari lebih dari sekadar olahraga kardio

Baca juga: Psikolog: Olahraga lari dapat menurunkan tingkat kecemasan

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024