Bandarlampung (ANTARA) - ​Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Lampung menyebutkan bahwa pelaksanaan ibadah haji 2024 di provinsi ini berjalan mumtaz atau baik sekali sejak keberangkatan hingga kepulangan.

"Sejak keberangkatan hingga kepulangan jamaah haji kelompok terbang (kloter) terakhir Lampung, semuanya berjalan luar biasa baik," kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo di Bandarlampung usai menyambut kedatangan jamaah haji kloter terakhir di Asrama Haji Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya, pelaksanaan haji 2024, berjalan dengan cukup baik, dengan beberapa skema yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, termasuk akomodasi dan konsumsi bagi jamaah haji yang lebih baik.

Baca juga: Enam peserta haji Lampung wafat di Tanah Suci karena sakit & kelelahan

"Bahkan, mekanisme murur dan tanazul memberikan kemudahan bagi jamaah lansia dan mengurangi kepadatan," kata dia.

Dia menyebutkan bahwa sebanyak 7.276 haji asal Lampung menunaikan ibadah haji tahun ini dan pulang dengan selamat ke daerahnya masing-masing.

"Selaku Kepala Staf Urusan Haji Provinsi Lampung, kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait, sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sukses mulai dari pemberangkatan hingga pemulangan," kata dia.

Kepala Bidang Haji dan Umroh Kemenag Lampung Ansori F Citra menjelaskan jumlah haji Lampung yang berangkat sebanyak 7.276 orang, terdiri atas 7.126 haji reguler, 46 petugas haji daerah (PHD), 9 pembimbing dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU), serta 95 petugas kloter.

"Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji, jamaah haji Lampung yang pulang ke Tanah Air sebanyak 7.265 orang," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pada pelaksanaan haji tahun ini terdapat 11 orang haji yang tidak atau belum kembali, karena meninggal dunia dan masih dirawat di Tanah Suci.

Baca juga: Kemenag: Kloter haji pertama Lampung dijadwalkan tiba Minggu

Baca juga: Kemenag Lampung: 5.854 calhaj sudah diberangkatkan ke tanah suci


"Pada pelaksanaan haji ini ada delapan peserta haji yang wafat dan tiga lainnya masih dalam perawatan di rumah sakit di Tanah Suci, yaitu Abdul Wahab, Mat Sujak dan Badri Al Taher dari Kabupaten Lampung Timur serta Suliyah Samudi Sadini dari Kabupaten Way Kanan," kata dia.

Jamaah haji asal Lampung yang berangkat ke Tanah Suci berjumlah 7.276 orang, yang terbagi dalam 19 kelompok terbang. Untuk kloter terakhir Lampung dengan jumlah haji yang tiba di Asrama Haji Rajabasa sebanyak 251 orang dari Bandarlampung, Pesisir Barat dan Pesawaran.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024