Istanbul (ANTARA) - Kanada menegaskan kembali Kebijakan Satu China ketika Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Luar Negeri Kanada Melanie Joly bertemu pada Sabtu (20/7) di Beijing, menurut sebuah badan Kanada.

Kedua menteri mengadakan pertemuan dan membahas "peluang dan tantangan dan hubungan bilateral serta berbagai masalah global yang menjadi perhatian bersama, termasuk invasi Rusia ke Ukraina, konflik Israel-Hamas, dan ketegangan di Semenanjung Korea," lapor Urusan Global Kanada.

Kedua pihak sepakat untuk meningkatkan koordinasi mengenai isu-isu bersama dalam Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) dan forum internasional terkait lainnya.

Joly mengatakan Kanada "akan terus membela demokrasi kita dan nilai-nilai yang selalu dijunjungnya, termasuk hak asasi manusia, supremasi hukum, dan prinsip-prinsip yang tercantum dalam Piagam PBB, seperti yang dilakukan Kanada secara konsisten dalam keterlibatan internasionalnya," kata badan tersebut.

Dia juga menegaskan kembali dukungan Kanada "yang tetap tidak berubah" terhadap Kebijakan Satu China.

Para menteri sepakat tentang pentingnya menjaga jalur komunikasi terbuka dan berkomitmen untuk mengadakan diskusi tingkat menteri secara rutin mengenai topik-topik seperti perdamaian, keamanan dan perdagangan.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Kanada ingatkan warganya agar hindari kunjungan ke Bangladesh
Baca juga: China akan langsungkan konsultasi dan dialog dengan Jepang dan Korsel

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024