Sentani (ANTARA) - Manajemen Bandara Sentani memastikan kedatangan Presiden RI Joko Widodo dan rombongan akan berjalan lancar.

Ganeral Manager PT Angkasa Pura I Jayapura Erik Susanto di Sentani, Minggu mengatakan sampai dengan hari ini pihaknya belum memperoleh informasi kapan Presiden RI Joko Widodo akan datang ke Papua.

“Tetapi kami sebagai penanggung jawab Bandara Sentani akan selalu siap dalam situasi apapun untuk kedatangan pejabat negara apalagi bapak presiden,” katanya.

Menurut Erik Susanto, biasanya kalau ada kunjungan Presiden RI Joko Widodo pihaknya akan melakukan rapat dengan pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah daerah.

“Pada prinsipnya kami siap berkoordinasi dan bekerja sama dengan semua pihak yang berkompeten untuk melancarkan kunjungan bapak presiden di Jayapura khususnya area bandara,” ujarnya.

Dia menjelaskan biasanya kalau ada kedatangan Presiden RI Joko Widodo ke Jayapura melalui Bandara Sentani ada penambahan personel pengamanan dari Lanud Silas Papare Jayapura guna memastikan keamanan.

“Sekali lagi kami pastikan bahwa ketika kunjungan bapak presiden dan rombongan maka Bandara Sentani sudah siap pada saat pendaratan maupun penerbangan,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya sebenarnya sudah mendengar kedatangan Presiden RI Joko Widodo namun hanya sekadar wacana, tetapi secara resmi atau tertulis belum.

“Kami pastikan Bandara Sentani siap baik pendaratan, penjemputan maupun parkir pesawat kalau presiden bermalam, inti kapan saja datang siap,” ujarnya.

Biasanya, kata Erik Susanto, kedatangan Presiden RI Joko Widodo akan melewati jalur VVIP Bandara Sentani, tetapi jalur ekonomi pun disiagakan ketika ada perubahan rencana di tengah jalan.

“Intinya kami siap mengamankan rombongan presiden mau lewat VVIP maupun ekonomi, dan keamanan pun akan disiagakan di semua tempat,” katanya.

Dia memastikan ketika kedatangan Presiden RI Joko Widodo tidak akan mempengaruhi lalu lintas penerbangan komersial lainnya di Bandara Sentani.

“Mekanismenya sudah ada ketika ada kedatangan bapak presiden, sehingga tidak akan terjadi masalah dalam lalu lintas penerbangan,” ujarnya.

Menurut informasi kedatangan Presiden RI Joko Widodo bersama rombongan pada Selasa 23 Juli 2024 sekitar pukul 17.00 WIT dan langsung menuju ke Stadion Papua Bangkit untuk membuka puncak Hari Anak Nasional (HAN) ke-40.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024