Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita humaniora menarik hari Sabtu (20/7) dapat dibaca kembali hari ini, antara lain UI tegaskan tidak ada kebocoran data serta penegasan PBNU tentang larangan kerja sama dengan lembaga terafiliasi Israel, serta nelayan temukan puing helikopter Polri jatuh di Belitung Timur.

Ada juga BRIN-IAEA mengembangkan teknologi daur ulang limbah plastik dengan nuklir.

Baca berita selengkapnya di bawah ini.

1. UI tegaskan tidak ada kebocoran data

Universitas Indonesia (UI) menegaskan tidak menemukan adanya data yang bocor dari berbagai sistem termasuk dari Center for Independent Learning (CIL).

Kepala Biro Humas & KIP UI, Amelita Lusia, dalam keterangannya, Sabtu, mengatakan UI banyak menerima pertanyaan terkait informasi yang terpublikasikan di salah satu akun X (twitter) yang menyebutkan adanya pelanggaran data yang signifikan, kemudian melakukan pengecekan dan penelusuran secara komprehensif dan tidak ditemukan kebocoran data tersebut.

Baca juga: UI tegaskan tidak ada kebocoran data

2. PBNU tentang larangan kerja sama dengan lembaga terafiliasi Israel

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengeluarkan surat edaran berisi instruksi penegasan terkait pelarangan hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan Israel.

Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, mengatakan surat tersebut bernomor 2020/PB.03/A.1.03.08/99/07/2024 yang mempertegas surat instruksi sebelumnya terbit pada era kepengurusan KH Said Aqil Siroj pada 2021 lalu.

Baca juga: PBNU tegaskan larangan kerja sama dengan lembaga terafiliasi Israel

3. Nelayan temukan puing helikopter Polri jatuh di Belitung Timur

Nelayan Desa Baru Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menemukan puing Helikopter BO-105/P1103 milik Kepolisian Indonesia (Polri) yang jatuh di Perairan Belitung Timur pada 22 November 2022.

Kepala Kantor SAR Pangkalpinang I Made Oka Astawa di Pangkalpinang, Sabtu, mengatakan serpihan heli tersebut tidak disengaja ditemukan oleh Irwan Ivan nelayan asal Desa Baru Belitung Timur pada 14 Juli 2024, saat nelayan ini sedang mengangkat bubu ikan sekitaran tiga mil dari daratan Manggar atau di sekitar Perairan Karang Tiga.

Baca juga: Nelayan temukan puing helikopter Polri jatuh di Belitung Timur

4. BRIN-IAEA kembangkan teknologi daur ulang limbah plastik dengan nuklir

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mengembangkan program Nuclear Technology for Controlling Plastic Pollution (Nutec Plastic) sebagai solusi daur ulang limbah plastik dengan teknologi nuklir.

Pengembang Teknologi Nuklir Ahli Utama, Pusat Riset Teknologi Proses Radiasi BRIN Totti Tjiptosumirat melalui keterangan di Jakarta, Sabtu, menyebut Indonesia dianggap IAEA sebagai negara yang mampu memanfaatkan teknologi nuklir untuk mengolah limbah plastik sehingga dijadikan negara percontohan di kawasan Asia Pasifik.

Baca juga: BRIN-IAEA kembangkan teknologi daur ulang limbah plastik dengan nuklir

5. Baznas ungkap realisasi dana ZIS 2023 mencapai Rp33 triliun

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mengungkapkan realisasi dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS) pada 2023 mencapai Rp33 triliun, atau lebih besar dari target Rp31 triliun.

Ketua Baznas RI Noor Achmad melalui keterangan di Jakarta, Sabtu, mengatakan capaian tersebut merupakan sebuah peningkatan, di mana realisasi dana ZIS setiap tahunnya meningkat sekitar 30 persen setiap tahunnya.

Baca juga: Baznas ungkap realisasi dana ZIS 2023 mencapai Rp33 triliun

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024