Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa hukum sepekan dari Senin (15/7) hingga Sabtu (20/7), menjadi sorotan di antaranya Komisi Pemberantasan Korupsi memanggil dosen teknik perkapalan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) hingga polisi menyatakan suami aktris Jennifer Coppen, Yitta Dali Wassink (22) meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita hukum sepekan yang menarik untuk kembali dibaca:
 
 
KPK panggil dosen teknik perkapalan ITS
 
Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin, memanggil seorang dosen pada Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sebagai saksi penyidikan dugaan korupsi pengadaan kapal angkut tank TNI AL pada Kementerian Pertahanan.
 
"Pemeriksaan dilakukan di Gedung KPK Merah Putih, atas nama Triwilaswandio Wuruk Pribadi selaku dosen pada Departemen Teknik Perkapalan FTK-ITS," kata Juru Bicara KPK Tessa Mahardika saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.
 
Namun, Tessa belum memberikan keterangan lebih lanjut soal informasi apa saja yang akan didalami pada pemeriksaan terhadap yang bersangkutan.
 
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
 
Hakim MK: Permohonan memajukan pelantikan presiden langgar konstitusi
 
Hakim Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat mengatakan bahwa permohonan uji materi Pasal 416 ayat (1) Undang-Undang Pemilu yang meminta untuk memajukan jadwal pelantikan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dapat melanggar konstitusi.
 
Arief menjelaskan bahwa permohonan itu memangkas masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019–2024 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Padahal, Pasal 7 UUD NRI Tahun 1945 mengatur bahwa presiden dan wakil presiden menjabat selama 5 tahun.
 
"Tidak bisa diajukan. Kalau diajukan, berarti Pak Jokowi tidak menjabat 5 tahun. Kalau tidak menjabat 5 tahun, ya, melanggar konstitusi. Jadi, permohonan ini nanti dipertimbangkan, pas apa tidak ini keinginannya?" ucap Arief dalam sidang pemeriksaan pendahuluan di Gedung MK RI Jakarta, Rabu.

Baca selengkapnya di sini.

Panji Gumilang bebas usai ditahan di Lapas Indramayu
 
Panji Gumilang, terpidana kasus penodaan agama sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Zaytun, dinyatakan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Indramayu, Jawa Barat, Rabu.
 
"Bebas pada tanggal 17 Juli 2024 atau tadi pagi," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Robianto dalam keterangan yang diterima di Indramayu, Rabu.
 
Robianto menyebutkan Panji Gumilang bebas murni setelah menjalani vonis 1 tahun penjara di Lapas Indramayu. Dengan demikian, pimpinan Ponpes Al-Zaytun ini tidak perlu melakukan melakukan wajib lapor.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
 
Tiga Pimpinan DPRD Bantaeng ditetapkan tersangka kasus korupsi
 
Kejaksaan Negeri Kabupaten Bantaeng menetapkan empat orang tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi tunjangan kesejahteraan berupa rumah negara dan belanja rumah tangga untuk Pimpinan DPRD Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, masa jabatan 2019-2024.
 
"Benar, ada penahanan terhadap tersangka yang telah dilakukan penyidik Kejaksaan Negeri Bantaeng," ujar Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan Soetarmi saat dikonfirmasi, Senin.
 
Empat tersangka yakni Ketua DPRD Bantaeng berinisial HA, Wakil Ketua II dan II masing-masing HI, MR. Selanjutnya, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Bantaeng berinisial JK sekaligus pengguna anggaran masa jabatan 2021 sampai Juli 2024.
 
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
 
Polisi: Suami Jennifer Coppen meninggal akibat kecelakaan tunggal
 
Kepolisian Resor Kota Denpasar menyatakan suami aktris Jennifer Coppen, Yitta Dali Wassink (22) meninggal dunia akibat kecelakaan tunggal.
 
Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polresta Denpasar AKP Ketut Sukadi di Denpasar, Jumat menyatakan korban dilaporkan mengalami kecelakaan lalu lintas pada Kamis 18 Juli 2024 sekitar pukul 02.00 Wita di Jalan Sunset Road, Seminyak, Kabupaten Badung, Bali.
 
Korban dikabarkan menggunakan sepeda motor Kawasaki dengan nomor polisi DK 5555 KSW. Korban meninggal dunia di Rumah Sakit BIMC, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024