Jakarta (ANTARA) -
Berbagai peristiwa politik sepekan dari Senin (15/7) hingga Sabtu (20/7), menjadi sorotan di antaranya Presiden Joko Widodo melantik Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II hingga Partai Golkar mengeluarkan surat keputusan (SK) rekomendasi bagi 10 pasangan calon (paslon) Pilkada provinsi.
 
Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik sepekan yang menarik untuk kembali dibaca:
 
Presiden Jokowi lantik Thomas Djiwandono sebagai Wamenkeu II
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bendahara Umum Partai Gerindra Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan II di Istana Negara, Jakarta, Kamis.
 
Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 45 M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.
 
Dengan dipandu Presiden Jokowi, Thomas bersama dua wakil menteri lainnya yang juga dilantik yaitu Wakil Menteri Pertanian Sudaryono dan Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung mengucap sumpah jabatan.
 
 
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Partisipasi pemilih PSU Pemilu Anggota DPD RI di Pariaman 41,44 persen
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyebut partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di daerah itu mencapai 29.794 pemilih atau 41,44 persen dari 71.902 pemilih.
 
"Pariaman masuk dalam lima besar partisipasi pemilih terbanyak di Sumbar pada PSU Pemilu Anggota DPD RI," kata Ketua KPU Kota Pariaman Ali Unan saat Rekapitulasi Penghitungan Hasil PSU DPD RI Sumbar 2024 setelah putusan Mahkamah Konstitusi di Pariaman, Rabu.
 
Ali Unan mengatakan bahwa pihaknya sudah menyosialisasikan PSU Pemilu Anggota DPD RI kepada masyarakat, baik melalui panitia pemilihan kecamatan (PPK), panitia pemungutan suara (PPS), dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) maupun kerja sama dengan berbagai pihak.
 
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
 
Bawaslu ingatkan KPU ikuti putusan MA agar hemat anggaran
 
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengingatkan kepada KPU RI untuk mengikuti putusan Mahkamah Agung (MA) agar menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
 
 
 
Hal itu disampaikan Bagja pada Pernas XII JPPR yang bertajuk Navigasi Masyarakat Sipil Menghadapi Krisis Demokrasi di Jakarta, Kamis.
 
Awalnya dia mengungkapkan bahwa pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu Anggota DPD RI di Daerah Pemilihan Sumatera Barat di 17.569 TPS yang tersebar pada 19 kabupaten/kota menghabiskan biaya hingga Rp350 miliar.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
 
KSAD: Pejabat TNI AD diseleksi ketat sebelum dipindah ke instansi lain
 
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan pihaknya memastikan pejabat TNI AD yang akan dipindahkan untuk menempati jabatan sipil sudah melewati seleksi ketat dan penyesuaian latar belakang pengalaman.
 
"Saya dengar masih banyak bilang 'apa hubungannya tentara dengan kementerian ini?'. Ya kami juga punya dasar pendidikan lain ya," kata Maruli saat ditemui di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) Jakarta Pusat, Selasa.
 
Hal tersebut dikatakan Maruli saat menjawab pertanyaan tentang polemik RUU TNI yang mengatur pejabat anggota TNI bisa menempati jabatan-jabatan strategis di instansi lain.
 
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
 
Golkar keluarkan SK dukung Paslon maju pilkada di 10 provinsi
 
Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar mengeluarkan surat keputusan (SK) untuk mendukung 10 pasangan calon(Paslon) gubernur-calon wakil gubernur maju Pilkada 2024 di 10 provinsi.
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus menjelaskan surat keputusan merupakan penetapan final dari partai setelah mempertimbangkan serangkaian faktor, termasuk survei-survei internal.
 
“Surat keputusan ini sifatnya final dan mengikat, dan itu menjadi persyaratan untuk diajukan ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) ataupun KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) setempat,” kata Lodewijk di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024