Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) Luhut Binsar Pandjaitan membuka LPS Kejuaraan Nasional Atletik U-16 dan Indonesia Open U-18 Championship 2024 di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Sabtu.

Dalam sambutannya, Luhut menyoroti pentingnya Yogyakarta dalam sejarah atletik Indonesia. Ia menyebut bahwa Yogyakarta dengan segala kekayaan budayanya, juga menjadi tempat yang subur untuk tumbuhnya semangat sportivitas dan perjuangan.

“Yogyakarta memiliki tempat yang sangat penting dalam sejarah atletik di Indonesia. Kota ini telah melahirkan banyak atlet berprestasi yang membawa nama harum Indonesia di kancah nasional maupun internasional,” kata Luhut seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

“Bertandinglah dengan jujur, tunjukkan kemampuan terbaik kalian, dan selalu junjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Ingatlah bahwa setiap langkah yang kalian ambil di sini adalah modal dasar untuk masa depan atletik Indonesia yang lebih gemilang,” tambahnya.

Luhut juga menyampaikan beberapa upaya penting yang dilakukan PB PASI untuk memajukan atletik Indonesia. Salah satunya dengan keberadaan Pusat Pelatihan Atletik terpadu dan terbesar di Asia Tenggara di Pangalengan, Jawa Barat. Pusat pelatihan ini, yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektare, mampu menampung hingga 90 atlet dan pelatih dalam satu waktu pelatihan.

“Kami juga terus mendorong para atlet terbaik dari timur Indonesia yang telah berlatih dan bergabung di Papua Athletics Center di Timika. Hari ini mulai berhasil menampakkan kembali para atlet Papua yang dulu begitu banyak berjaya di berbagai nomor kejuaraan baik di nasional maupun internasional,” kata sosok berlatar belakang militer tersebut.

Tahun ini, PB PASI juga akan memulai kembali seri Student Athletics Championships, yang bertujuan mencari bibit-bibit muda terbaik di seluruh negeri. Seri ini melibatkan 30.000 peserta dari 387 sekolah di enam provinsi pada kualifikasi terakhir tahun lalu.

Acara LPS Kejurnas Atletik U-16 & Indonesia U-18 Open Championships 2024 diikuti oleh lebih dari 1.000 atlet, pelatih, dan ofisial dari 38 provinsi di seluruh Indonesia, serta perwakilan dari tujuh negara yaitu Australia, Thailand, Timor Leste, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, dan Filipina.

Kejuaraan ini akan mempertandingkan 200 nomor lomba mulai tanggal 20-24 Juli 2024.

“LPS Kejurnas Atletik U-16 & Indonesia U-18 Open Championships 2024 diharapkan dapat menjadi ajang yang inspiratif, membawa semangat baru, dan mempersiapkan atlet-atlet muda Indonesia untuk berprestasi di tingkat dunia,” pungkas Luhut.


Baca juga: Luhut apresiasi prestasi atletik di ASEAN University Games 2024

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024