Jakarta (ANTARA) - Tim voli putri, Jakarta BIN menyegel gelar juara PLN Mobile Proliga 2024 usai mengakhiri perlawanan Jakarta Electric PLN melalui drama rubber game, 3-2 (21-25, 20-25, 25-22, 25-21 dan 17-15) dalam babak final di Indonesia Arena, Jakarta, Sabtu malam.

Jakarta BIN sejak awal set pertama bermain menekan pertahanan Jakarta Electric PLN dengan memanfaatkan skema quick counter. Namun Jakarta Electric PLN mulai mampu meredam serangan demi serangan yang dilancarkan Jakarta BIN. Jakarta BIN kemudian bisa unggul empat poin di pertengahan set dengan kedudukan 10-6.

Jakarta BIN kian tampil mendominasi dengan mencatatkan lima poin berturut-turut untuk unggul tujuh poin 16-9. Jakarta Electric PLN mencoba untuk memperkecil selisih poin namun permainan Jakarta BIN terus membuat kesulitan, Megawati Hangestri dan kawan-kawan menutup kemenangan dengan skor 25-21.

Di set kedua, tempo permainan masih dikuasai oleh Jakarta BIN. Tapi Jakarta Electric PLN membalikkan kedudukan di pertengahan set untuk unggul tiga poin 11-8. Megawati dan kawan-kawan membalikkan kedudukan usai mencatatkan lima poin berturut-turut, 19-18. Jakarta BIN kian tak terbendung usai kembali mencatatkan lima poin berturut-turut dan menutup set dengan kemenangan 25-20.

Memulai set ketiga, kejar mengejar poin terjadi antara kedua tim. Yolla Yuliana dan kawan-kawan kini menguasai tempo dan sempat unggul dua poin 7-5. Namun memasuki pertengahan set, Jakarta Electric PLN kehilangan kendali permainan usai Jakarta BIN mampu mencatatkan tiga poin berturut-turut untuk mengubah kedudukan 15-19 untuk keunggulan Jakarta BIN.

Baca juga: JPP amankan peringkat ketiga usai bungkam JPE 3-1 l

Dalam posisi tertinggal, Jakarta Electric PLN memanfaatkan permainan yang lebih pragmatis dengan menahan setiap gempuran Jakarta BIN. Hasilnya Jakarta Electric PLN mencatatkan delapan poin berturut-turut dan mengamankan set ketiga dengan kemenangan 25-22.

Di set keempat kedua tim tetap saling jual beli serangan hingga pertengahan set, 8-8. Jakarta Electric PLN mulai mengendalikan ritme permainan dan unggul tiga poin 14-11. Proses saling kejar mengejar poin terus terjadi hingga Jakarta Electric PLN mempertahankan jarak poin usai mencatat empat angka berturut-turut, 22-16. Dalam kondisi tertinggal enam poin, Jakarta BIN tak mampu memperkecil jarak. Jakarta Electric PLN mengamankan set keempat dengan kemenangan 25-21.

Di set kelima, kedua tim kembali saling berbalas serangan satu sama lain. Jakarta Electric PLN mampu memimpin kedudukan dengan keunggulan tiga poin, 9-6. Jakarta BIN membalikkan kedudukan usai mengamankan poin melalui spike Megawati, 17-15.

Kemenangan ini membawa Jakarta BIN menyegel gelar juara perdananya di Proliga. Sedangkan itu Jakarta Electric PLN gagal menambah koleksi gelarnya sebagai tim tersukses di Proliga dengan menjadi tujuh gelar.


Baca juga: Final Proliga 2024: Jakarta BIN berambisi juara perdana di depan JEP

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024