Jakarta (ANTARA) - Universitas Indonesia menggelar kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas) di Desa Cisarua, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang meliputi berbagai pelayanan kesehatan seperti edukasi tentang pola hidup bersih dan sehat serta pemeriksaan.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu, Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian Dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Gigi UI Ria Puspitawati mengatakan, terdapat sebanyak 900 penerima manfaat, antara lain murid-murid SD, guru, serta komunitas lanjut usia.

"Konsep panjang ya. Kami ingin menjadikan Kampung Ilmu sebagai desa binaan, artinya kami tidak hanya memberikan layanan kesehatan satu kali atau beberapa kali insidental, tapi kami ingin memberikan program berkesinambungan," kata Ria.

Adapun dalam kegiatan sosial itu, katanya, ada edukasi kesehatan umum, edukasi kesehatan gigi dan mulut, hingga edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu, katanya, terdapat pemeriksaan gigi dan mulut, perawatan gigi dan mulut sederhana, pengobatan umum untuk lansia, serta khitanan.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan ini, UI mengirimkan 150 peserta yang terdiri dari dosen, penanggung jawab, mahasiswa spesialis, profesi, dan preklinik.

FKG UI, ujarnya, juga akan datang kembali ke Kampung Ilmu untuk mengevaluasi program dan memberikan ilmu baru kepada masyarakat.

Baca juga: UI tegaskan tidak ada kebocoran data

Menurutnya, kegiatan itu menuai antusiasme warga, karena banyaknya warga Kampung Ilmu, Desa Cisarua, yang berbondong-bondong mengikuti pemeriksaan kesehatan gratis ini.

Seorang tokoh masyarakat Desa Cisarua, Weng Suhaili, mengaku senang atas diadakannya kegiatan tersebut.

"Tentunya kami merasa senang dan bahagia. Kami ucapkan terima kasih kepada FK, FKG, dan FIK UI yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," ujar Weng.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini menyasar seluruh masyarakat Desa Cisarua. Pesertanya berasal dari SDN 01 Cisarua, SDN 02 Cisarua, SMPN 3 Tegalwaru, SMKN Tegalwaru, serta warga Kampung Ilmu Tegalwaru.

Pengabdian masyarakat yang dilaksanakan para Rabu (17/7) terselenggara atas kerja sama Fakulas Kedokteran Gigi UI, Fakultas Kedokteran UI, Fakultas Ilmu Keperawatan UI, Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI, Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).

Baca juga: UI sosialisasikan pemilihan rektor periode 2024-2029

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024