Jakarta (ANTARA) - Biru Voices Ambassadors 2024 mengedepankan peran aktif orang tua dalam menyampaikan dampak polusi udara terhadap kesehatan anak dan keluarga, kualitas lingkungan serta kebijakan yang mempengaruhi peningkatan polusi.

Diketahui, Yayasan Udara Anak Bangsa atau dikenal dengan Bicara Udara, sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada edukasi dan advokasi peningkatan kualitas udara di Indonesia menggelar acara Biru Voices Ambassadors 2024 di Jakarta.

Co-Founder Bicara Udara Novita Natalia melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu menyampaikan acara itu menjadi wadah bagi orang tua dan pemimpin komunitas untuk menyuarakan keresahan mereka terkait polusi udara dan mendorong perubahan melalui edukasi serta advokasi kebijakan.

"Indonesia Emas 2045 menjadi target pemerintah saat ini. Peran orang tua dalam ranah kebijakan sering kali tidak dilibatkan, padahal mereka yang mempersiapkan anak-anak untuk mewujudkan Indonesia emas," kata Novita.

Melalui Biru Voices Ambassador, lanjutnya, Bicara Udara menyediakan wadah untuk para orang tua dan community leaders berperan aktif dalam edukasi publik dan mengawal kebijakan mengenai penanganan polusi Udara.

"Tidak hanya mempersiapkan anak-anak, namun mereka sangat peduli dengan lingkungan terutama di kawasan perkotaan dimana polusi udara sangat tidak sehat dan berdampak terhadap anak," ujarnya.

Adapun, kegiatan Biru Voices 2024 ini terinspirasi dari gerakan serupa di luar negeri seperti Moms Clean Air Force di Amerika Serikat dan Moms for Lungs di Inggris.

Moms Clean Air Force dikenal melakukan kampanye dan advokasi dengan menghubungi perwakilan pemerintah lokal, DPR, dan DPRD untuk memperhatikan polusi udara sebagai masalah kesehatan. Sementara, Moms for Lungs didirikan pada 2017 oleh sekelompok ibu yang menyadari tingginya tingkat racun dari polusi udara di Inggris saat sedang berjalan dengan bayi mereka.

Tiara Yunanda Putri, salah satu peserta Biru Voices 2024 yang juga seorang aktivis sosial dan working mom, juga berbagi pengalamannya.

"Saya dan anak saya adalah penyintas asma yang sangat sensitif terhadap polusi udara. Setelah berkolaborasi dengan Bicara Udara untuk menyelenggarakan film screening 'SENGAL' tahun lalu, saya berharap bisa mengadakan kolaborasi lintas sektoral dalam bentuk event terkait isu polusi udara," ungkap Tiara.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, dilibatkannya orang tua dalam Biru Voices 2024 bermaksud untuk membawa misi agar keresahan orang tua terhadap polusi udara dapat tersampaikan kepada publik bahkan sampai ke pemangku kebijakan sehingga lebih banyak orang tua merasa terkait dan peduli akan isu tersebut.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024