Jakarta (ANTARA) - Ketua Panitia Seleksi (Pansel) anggota Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) Hermawan Sulistyo mengatakan pihak menerima 137 orang yang terdiri dari pakar kepolisian dan tokoh masyarakat yang telah mendaftar sebagai calon anggota Kompolnas.

"Pendaftaran calon anggota Kompolnas periode 2024-2028 akan ditutup pada 19 Juli 2024. Ada 137 orang yang tercatat mendaftar," kata Hermawan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Hermawan mengaku mengapresiasi antusiasme masyarakat dengan mau mendaftar menjadi anggota Kompolnas.

Dia melanjutkan, ke 137 orang tersebut terdiri dari 37 calon peserta berlatar belakang pakar kepolisian dan 100 orang dari tokoh masyarakat.

Nantinya, mereka akan diseleksi dari segi kelengkapan administrasi. Hasil seleksi tersebut akan diumumkan pada 23 Juli 2024.

Setelah seleksi administrasi, para peserta akan melewati tahap pelaksanaan tes tertulis dan pembuatan makalah. Setelah itu, mereka harus mengikuti tes kesehatan dan kejiwaan.

Jika peserta lolos dalam dua tes tersebut, mereka akan melewati tes selanjutnya yakni tes assessment serta potensi akademik. Setelah itu, calon anggota akan menjalani tes wawancara.

Setelah melewati ragam tes tersebut, pansel akan mengerucutkan jumlah peserta menjadi 12 yang terbaik.

Ke-12 nama itu lalu akan diserahkan ke presiden untuk dipilih secara langsung menjadi anggota Kompolnas.

"Akan dipilih oleh presiden sebanyak 6 orang sebagai calon anggota Kompolnas," kata Hermawan.

Hermawan berharap proses seleksi yang akan dimulai ini bisa berjalan dengan lancar dan dapat melahirkan anggota Kompolnas yang berkualitas.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024