Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo atau yang kerap disapa Bamsoet menyebut bahwa, kehadiran IMI kabupaten/kota membantu untuk memudahkan pembinaan atlet dan pengembangan olahraga otomotif.
 
Dalam laman IMI yang dipantau ANTARA di Jakarta, Sabtu, ia membeberkan melalui kepengurusan di tingkat kabupaten/kota akan memudahkan pembinaan, sekaligus menggali lebih banyak lagi potensi balap dari generasi muda, sehingga pengembangan bisa cepat dilakukan.
 
Oleh sebab itu, dia mendorong agar pengurus IMI provinsi bisa bergerak aktif untuk membentuk kepengurusan di tingkat yang lebih kecil.
 
"Kehadiran pengurus IMI kabupaten/kota tidak mengurangi kewenangan IMI provinsi, karena rekomendasi event otomotif, serta pengesahan klub otomotif di tingkat kabupaten/kota, tetap menjadi kewenangan IMI provinsi," kata Bamsoet.
 
Ia mencontohkan, IMI Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki potensi besar untuk pengembangan olahraga otomotif.

Baca juga: IMI gelar sejumlah kejuaraan nasional dan internasional sepanjang 2024
 
Bamsoet mendorong agar pengurus provinsi tersebut bisa membentuk kepengurusan di 11 kabupaten dan empat kota di Sulawesi Utara.
 
Ditambah, keberadaan kantor sekretariat baru yang terletak di Kota Manado, diharapkan mampu menopang padatnya aktivitas IMI Sulawesi Utara dalam mengembangkan olahraga otomotif.
 
Menurut dia, kantor sekretariat provinsi itu harus menjadi rumah bersama bagi kemajuan nilai-nilai organisasi otomotif, yang di dalamnya terdapat sikap solidaritas, semangat kerja sama, kolaborasi, dan komitmen kolektif untuk memaksimalkan peran IMI.
 
Selain untuk pengembangan olahraga dan pembinaan atlet, IMI sebagai mitra pemerintah, harus membantu mempromosikan keselamatan berkendara, maupun sebagai organisasi yang mendayagunakan otomotif sebagai sektor industri yang dapat menopang perekonomian.
 
Bamsoet turut mengapresiasi pemerintah daerah yang telah banyak membantu dan bekerja sama dengan IMI, baik di tingkat pusat maupun daerah.
 
Ia menilai, kolaborasi aktif yang berkesinambungan bisa mendongkrak kemajuan otomotif yang berdampak terhadap peningkatan prestasi olahraga dan ekonomi masyarakat.

Baca juga: Ketum IMI lepas empat komunitas otomotif untuk "touring" internasional
Baca juga: IMI beri sanksi dua pembalap terkait insiden Kejurnas ITCR putaran 1

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024