Jakarta (ANTARA) - Timnas Filipina menjaga asa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2024 seusai menekuk Timor Leste pada pertandingan Grup A di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu.

Pada pertandingan ini kemenangan Filipina hadir berkat dua gol yang dicetak oleh penyerang Banatao Otu Abang di masing-masing babak.

Berkat hasil ini, Filipina masih berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2024 dengan tiga poin dari dua laga, sedangkan Timor Leste turun ke posisi ketiga dengan tiga poin, namun kalah head to head.

Pada babak pertama Filipina mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sukses mencuri keunggulan pada menit ke-11 melalui gol yang dicetak lewat sundulan penyerang Banatao Otu Abang memanfaatkan umpan silang Justin Roxas sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Selanjutnya Filipina kembali memberikan ancaman lewat setelah umpan lemparan ke dalam Caraig Solomon dapat disambut sundulan Merino Leonor yang masih menyamping dari gawang Timor Leste.

Baca juga: Filipina akhiri Piala AFF U-19 dengan kemenangan 5-0 atas Brunei

Timor Leste berbalik memberikan ancaman melalui peluang yang diciptakan tendangan Alexandro Bakhito yang masih dapat ditepis kiper Filipina Inigo Castro.

Filipina menunjukkan dominasinya pada babak pertama setelah kembali memberikan ancaman lewat tendangan Cyrelle Medez, namun bola masih menyamping.

Pada sisa waktu babak pertama, Timor Leste terus berupaya untuk setidaknya memperkecil ketertinggalan, namun hingga turun minum skor 1-0 untuk keunggulan Filipina tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Timor Leste mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu, namun Filipina yang menciptakan peluang lewat tendangan Angelo Arnado Menisca, namun masih menyamping.

Timor Leste berbalik memberikan ancaman melalui tendangan yang dilepaskan Alexandre Guterres yang masih menyamping dari gawang Filipina.

Baca juga: Timor Leste buka perjalanan di AFF U-19 dengan tiga poin atas Kamboja

Skuad asuhan Josep Ferre mampu menggandakan keunggulannya menjadi 2-0 melalui gol kedua yang diciptakan Banatao Otu Abang memanfaatkan kesalahan lini belakang Timor Leste pada menit 60.

Timor Leste sempat memiliki kesempatan emas untuk memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Ricardo Bianco yang masih melambung dari gawang Filipina.

Skuad asuhan Eduardo Pereira kembali memiliki peluang emas, kali ini melalui tendangan Ario Ximenes yang tinggal berhadapan dengan kiper Filipina, namun bola masih menyamping.

Pada sisa waktu pertandingan, Filipina tetap mendominasi jalannya pertandingan, sementara Timor Leste sesekali memberikan ancaman, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-0 tetap bertahan.

Selanjutnya pada matchday ketiga Grup A, Filipina akan berjumpa Kamboja, Selasa (23/7) pukul 19.30 WIB, sedangkan Timor Leste berjumpa Indonesia, di hari yang sama pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Timnas Indonesia U-19 gunduli Filipina 6-0
Baca juga: Indra Sjafri ajak pemain diskusi refleksikan diri jelang lawan Kamboja
 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024