Washington (ANTARA) - Kepemimpinan Komite Nasional Demokrat (DNC) pada Jumat (19/7) menyatakan bahwa mereka berencana tetap mencalonkan Presiden Joe Biden sebagai kandidat mereka untuk pemilihan presiden 2024, meskipun ada seruan agar dia mundur dari ajang pemilihan presiden. "Berkat Anda, setiap pemilih di negara ini akan memiliki kesempatan yang sama untuk memilih kandidat kami. Joe Biden-Kamala Harris akan terpilih kembali berkat Anda," kata Ketua DNC Jaime Harrison kepada para pendukung pada Jumat.

"Karena Anda, kami bisa menantikan nominasi presiden (kami) melalui pemungutan suara virtual dan merayakannya dengan meriah di Chicago bersama semua delegasi kami yang mendukung tiket Biden Harris," kata Ketua DNC menambahkan.

Gubernur Minnesota Tim Walz, yang menjabat sebagai wakil ketua DNC, mengatakan selama pertemuan virtual dengan anggota DNC bahwa mereka akan memastikan Biden memiliki jalur yang jelas dalam proses nominasi.

Komite Aturan DNC selama pertemuan menekankan bahwa pemungutan suara dengan mekanisme pemanggilan daftar nama secara virtual harus dilakukan paling lambat 7 Agustus untuk mencegah tantangan hukum dari Republik terhadap kelayakan suara Biden di Ohio, meskipun negara bagian tersebut telah memindahkan tenggat waktu sertifikasi hingga 1 September.

Pada Rabu, The New York Times melaporkan bahwa Biden diperkirakan akan mundur dari perlombaan akhir pekan ini.

Ada seruan yang semakin berkembang di kalangan Demokrat untuk mencalonkan kandidat lain menggantikan Biden setelah kegagalannya dalam debat beberapa waktu lalu.

Secara teori, partai akan memiliki kesempatan itu dalam konvensinya bulan Agustus mendatang, tetapi dalam praktiknya, akan sulit untuk mengeluarkan kandidat pemenang pemilihan pendahuluan dari perlombaan jika dia tidak menolak untuk berpartisipasi.

Sampai saat ini, Biden mengatakan bahwa dia berniat untuk tetap dalam ajang pemilihan presiden Amerika Serikat berikutnya.

Baca juga: Dokter sebut gejala COVID-19 Biden telah membaik secara signifikan
Baca juga: Politikus Demokrat buat iklan televisi minta Biden mundur dari Pilpres
Baca juga: Pendukung Wapres AS siapkan Harris gantikan Biden jika mundur pilpres


Penerjemah: Primayanti
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024