Padang (ANTARA) - Eks Ketua DPD RI periode 2009 hingga 2016 Irman Gusman memberikan tanggapan positif setelah namanya masuk "empat besar" berdasarkan hasil rekapitulasi calon anggota DPD RI tingkat provinsi.

"Saya menyampaikan terima kasih kepada rakyat Sumatera Barat yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya," kata Irman Gusman saat dihubungi di Padang, Sabtu.

Menurut Irman, masuk empat besar tanpa adanya kampanye serta minimnya sosialisasi merupakan sebuah keberkahan. Hal itu sekaligus menandakan dirinya masih dipercaya oleh masyarakat, terutama konstituen yang memberikan hak politik pada 13 Juli 2024.

Atas kepercayaan publik terhadapnya, Irman berjanji dan berkomitmen akan memberikan yang terbaik untuk kemajuan Ranah Minang lewat perannya sebagai anggota DPD RI di Senayan.

Pada kesempatan itu, ia juga bertekad akan membangun sinergitas yang baik dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota apabila sudah resmi ditetapkan dan dilantik sebagai anggota DPD RI periode 2024-2029.

Terkait penyelenggaraan tahapan PSU Irman menyambut baik kinerja KPU Provinsi Sumbar yang dinilai berhasil melaksanakan pesta demokrasi dalam kurun waktu 45 hari pascaputusan Mahkamah Konstitusi.

Apalagi, kata dia, pelaksanaan PSU DPD RI bukanlah pekerjaan mudah karena melibatkan 19 kabupaten dan kota serta 17 ribu lebih tempat pemungutan suara.

Pada PSU DPD RI tersebut Irman Gusman berhasil mengumpulkan 176.987 suara. Sementara, di posisi pertama Cerint Iralloza Tasya meraup 283.020 suara.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sumbar Surya Efitrimen mengatakan KPU setempat baru sebatas penetapan hasil perolehan suara. Namun, untuk penetapan calon terpilih akan dilakukan oleh KPU RI.

"KPU sudah menetapkan hasil PSU DPD RI melalui hasil dari 19 kabupaten dan kota," kata dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024