Dalam kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, 20-21 Juli 2024, juga ada pameran UMKM yang diikuti 100 pelaku UMKM dari empat kabupaten....
Purwokerto (ANTARA) - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto Christoveny mengatakan Karya Kreatif Serayu (KKS) 2024 menjadi ajang promosi berbagai produk usaha mikro kecil dan menengah di wilayah Banyumas Raya yang meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga, dan Banjarnegara.

"Dalam kegiatan yang diselenggarakan selama dua hari, 20-21 Juli 2024, juga ada pameran UMKM yang diikuti 100 pelaku UMKM dari empat kabupaten di eks Keresidenan Banyumas (Banyumas Raya)," kata Christoveny dalam pembukaan KKS 2024 di kompleks Menara Teratai, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu.

Menurut dia, produk=produk UMKM yang dipamerkan dalam KKS 2024 telah melewati proses kurasi dan kualitasnya dipastikan terjamin.

Baca juga: Disperdagkop Madiun salurkan bantuan 46 "booth" kontainer untuk UMKM

Dia mengatakan sejumlah upaya dilakukan untuk meningkatkan akses pasar serta mendorong UMKM untuk go digital dan go global melalui berbagai praktik baik di tingkat nasional maupun daerah.

"Upaya yang dilakukan oleh Bank Indonesia pun menyentuh aspek hulu ke hilir dari pengembangan UMKM, mulai dari peningkatan kualitas produksi, aktivasi produk, pemasaran, hingga promosi," katanya

Ia mengakui pada era digitalisasi yang begitu pesat seperti sekarang, daya saing produk UMKM perlu untuk semakin ditingkatkan khususnya dari sisi pemasaran dan promosi.

Oleh karena itu, kata dia, KPw BI Purwokerto menyelenggarakan KKS 2024 sebagai ajang promosi produk UMKM unggulan Banyumas Raya dengan mengusung tema "Dolan Nyaman, Becer Aman, Mayuh Go Digital Kanggo Banyumas Raya Tumbuh Berkelanjutan".

"Kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), serta Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2024," kata Christoveny.

Baca juga: KEK Sanur hadirkan Sentra UMKM untuk dorong pertumbuhan ekonomi lokal

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro mengatakan KPw BI Purwokerto sudah banyak membantu masyarakat termasuk pelaku UMKM dan pariwisata.

"Seperti hari ini, acaranya bagaimana mendorong sektor wisata sekaligus UMKM, bahkan pengendalian inflasi senantiasa dibantu teman-teman BI," katanya.

Menurut dia,  KKS 2024 yang diselenggarakan selama dua hari itu juga diisi dengan QRIS Purwokerto Run pada Minggu (21/7) pagi.

Pj Bupati mengakui kegiatan lari sejauh 5 kilometer dan 10 kilometer tersebut merupakan permintaan khusus yang dia ajukan ke BI supaya sektor ekonomi kreatif dan wisata olahraga bisa tumbuh dan berkembang di Kabupaten Banyumas.

"Mudah-mudahan kegiatan besok (QRIS Purwokerto Run, red.) bukan hanya sekali dalam setahun, tapi BI saya minta syukur-syukur bisa dua kali atau tiga kali," katanya.
 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024