Alhamdulillah Desa Tunggal Jaya ditetapkan sebagai desa terbaik pertama lomba desa tingkat Provinsi Bengkulu....
Mukomuko (ANTARA) -
Desa Tunggal Jaya di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, ditetapkan sebagai desa terbaik pertama tingkat provinsi sehingga secara otomatis mewakili provinsi dalam lomba desa tingkat regional.
 
"Alhamdulillah Desa Tunggal Jaya ditetapkan sebagai desa terbaik pertama lomba desa tingkat Provinsi Bengkulu sekaligus mewakili provinsi ini mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat regional," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Ujang Selamat saat dihubungi dari Mukomuko, Sabtu.
 
Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Teras Terunjam, Kabupaten Mukomuko  ditetapkan sebagai desa terbaik pertama tingkat kabupaten sehingga desa ini mewakili kabupaten mengikuti lomba desa tingkat provinsi.

Baca juga: Mendes ingatkan pembangunan desa harus bertumpu pada budaya
 
Ada tiga desa terbaik dari tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu yang mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi, yakni Desa Tunggal Jaya, Kabupaten Mukomuko, Desa Betungan, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Desa Margo Mulyo, Kabupaten Bengkulu Tengah.
 
Dari tiga desa ini, Desa Tunggal Jaya meraih juara pertama tingkat Provinsi Bengkulu dengan  nilai 769, Desa Betungan 714, dan Desa Margo Mulyo 663.
 
Ia mengatakan, Desa Tunggal Jaya selain mewakili Provinsi Bengkulu mengikuti lomba desa tingkat regional, juga akan diundang mengikuti upacara bendera dalam rangka 17 Agustus di Istana Negara.

Baca juga: Kemendesa luncurkan lomba desa wisata nusantara dan literasi budaya
 
Menurutnya, keberhasilan Desa Tunggal Jaya ini tidak lepas dari dukungan dan doa masyarakat Kabupaten Mukomuko, dan diharapkan masyarakat mendoakan desa ini menjadi terbaik pertama lomba desa tingkat regional.
 
"Kami belum mendapat informasi kapan jadwal lomba desa tingkat regional, namun tugas dari desa dan pemerintah daerah mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba tersebut," ujarnya.
 
Selanjutnya, ia mengatakan, pihaknya mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan oleh tim penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat regional melakukan verifikasi lapangan di DesaTunggal Jaya.
 
Sementara itu, Desa Tunggal Jaya pernah menjadi desa terbaik pertama tingkat kabupaten pada  2018 dan runner-up terbaik tingkat provinsi pada 2017.
 
 
 
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024