Tacoma (ANTARA) - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kota Kembar Amerika Serikat (AS)-China yang keenam diselenggarakan pada Jumat (19/7) di Tacoma, sebuah kota pelabuhan di Negara Bagian Washington, AS bagian barat, yang bertujuan untuk mempererat persahabatan dan memperkuat pertukaran subnasional antara kedua negara.

Mengusung tema "Visi Bersama untuk Masa Depan yang Lebih Cerah" (Shared Visions for a Brighter Future), KTT ini disponsori oleh Asosiasi Rakyat China untuk Persahabatan dengan Negara-negara Asing (Chinese People's Association for Friendship with Foreign Countries/CPAFFC) bersama Sister Cities International, sebuah organisasi nirlaba yang berfungsi sebagai organisasi keanggotaan nasional untuk masing-masing kota, wilayah, dan negara bagian kembar di seluruh AS.

Menampilkan diskusi panel, pidato utama, dan studi kasus, KTT ini mempertemukan lebih dari 140 perwakilan dari 14 provinsi di China serta 100 lebih perwakilan dari 21 negara bagian di AS untuk menjajaki peluang bersama, saling bertukar wawasan, dan mengatasi tantangan bersama yang memengaruhi masyarakat di kedua negara.

"Provinsi/negara bagian dan kota kembar adalah platform penting untuk mempromosikan rasa saling pengertian dan persahabatan antara rakyat China dan AS, serta kesempatan penting untuk memperdalam pertukaran dan kerja sama demi keuntungan bersama dan hasil yang saling menguntungkan," kata Presiden CPAFFC Yang Wanming dalam sambutannya pada pertemuan tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa "Kota Tacoma dan Negara Bagian Washington adalah simbol persahabatan antara rakyat China dan AS."

"Ke depannya, kami bersedia untuk mengembangkan dan memanfaatkan sepenuhnya peran konferensi kota kembar sebagai jembatan dan penghubung, serta memainkan peran yang lebih besar dalam meningkatkan rasa saling percaya, memperkuat persahabatan, dan mempererat kerja sama antara pemerintah daerah kedua negara," tambahnya.

Tacoma, yang terletak sekitar 50 kilometer di barat daya Seattle, menjalin hubungan kota kembar dengan Fuzhou, ibu kota Provinsi Fujian, China timur, pada 1994. Tahun ini, kedua kota itu memperingati 30 tahun terjalinnya hubungan tersebut
 
 


"Saya sungguh percaya bahwa jika kita dapat bekerja sama untuk mengatasi semua tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada di depan, kita dapat dan akan menciptakan masa depan yang cerah dan sejahtera bagi setiap komunitas kita," kata Wali Kota Tacoma Victoria Woodards dalam pidatonya.

Woodards menyoroti bahwa "Hubungan kota kembar kita memungkinkan kita untuk membangun jembatan persahabatan dan kerja sama yang melampaui batas-batas dan semakin mendekatkan semua komunitas kita."

Lima pertemuan kota kembar sebelumnya telah diselenggarakan, yaitu pada 2014 di Washington DC; 2015 di Chicago; 2016 di Nanchang, China; 2019 di Houston; dan 2023 di Suzhou, China.

Pembentukan hubungan kota kembar antara China dan AS dimulai tak lama setelah kedua negara menjalin hubungan diplomatik pada 1979, ketika Provinsi Hubei di China tengah dan Negara Bagian Ohio di AS, serta Kota Nanjing di China timur dan Kota St. Louis di AS, menjalin hubungan kembar.

Empat puluh lima tahun kemudian, China dan AS telah membentuk 286 pasang hubungan kembar di berbagai tingkatan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024